• Selasa, 28 Juni 2022

Cerita Rendy Pandugo yang Masih Pertahankan Gitar Bersejarahnya

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 18:13 WIB
Musisi Rendy Pandugo mengungkapkan bahwa alat musik gitar merupakan elemen penting bagi seorang musisi. (Foto: ist)
Musisi Rendy Pandugo mengungkapkan bahwa alat musik gitar merupakan elemen penting bagi seorang musisi. (Foto: ist)

HARIAN MASSA - Musisi Rendy Pandugo mengungkapkan bahwa alat musik gitar merupakan elemen penting bagi seorang musisi seperti dirinya.

Bukan hanya menjadi penunjang untuk menciptakan berbagai karya lagu, namun gitar juga bisa meningkatkan mood ketika di atas panggung.

"Buat gue penting banget kalau gitar buat gue beda model beda mood. Biasanya kenapa seorang musisi suka pakai gitar berbeda atau ganti ganti di panggung," kata Rendy Pandugo di sela-sela launching gitar baru Revs Star Collection di Java Jazz Festival, Kemayoran Jakarta Pusat, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Benarkah Perusahaan Raffi Ahmad Sponsori Formula E Senilai Rp 100 M? Ini Jawaban Ahmad Sahroni

"Itu karena memang mood kita berbeda ketika pakai satu model ke model lain, mungkin ambil mood berbeda, misal main lagu I Dont Care atau Hope, gue butuh lebih apa," lanjutnya.

Rendy mengisahkan dari 10 gitar koleksinya ada satu gitar-akustik">gitar akustik bersejarah buatan tahun 1995. Ya, gitar itu menjadi bersejarah lantaran dibeli dari uangnya sendiri.

"Ini koleksi gitar pertama kali beli pakai duit sendiri, ada elektrik dan satu akustik. Itu custom buatan seniman pengrajin dari Surabaya. Gue bilang sama tukang gitar gue enggak punya duit, cuma ada segini, dan akhirnya dibuatkan, makanya itu bersejarah banget buat gue," bebernya.

Lebih lanjut, suami Mia Sesaria mengungkapkan jika gitar elektrik kebanyakan buat recording, dan yang akustik custom spesial punya nilai sentimental sendiri. Gitar tersebut sudah dibawa ke mana-mana, baik saat manggung maupun proses recording di dalam studio.

"Gitar akustik itu sampai dibawa ke Swedia karena perubahan suhu jadi gitar itu retak dan dibenerin, bahkan sempat pecah di neck tapi masih dipakai manggung hingga saat ini. Masih on fire dan enggak ada perawatan khusus tapi tetap dimainkan karena gue enggak suka gitar senarnya itu jadi karatan," tuturnya.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X