• Senin, 15 Agustus 2022

Bagus Bagi Mata, Dapatkan Suplemen Vitamin A Gratis di Puskesmas

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 12:41 WIB
Ilustrasi mata sehat. Foto: Pixabay
Ilustrasi mata sehat. Foto: Pixabay

HARIAN MASSA - Vitamin A sangat penting bagi anak. Zat vitamin ini tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh manusia. Tetapi, bisa didapatkan dari bahan makanan sehari-hari di rumah.

Dikutip dari laman resmi Kemenkes RI @KemenkesRI, vitamin A bisa didapat dari makanan, seperti bayam, daun singkong, pepaya matang, hati, kuning telur dan ASI. Juga dari suplemen kapsul vitamin A.

"Vitamin A baik bagi kesehatan mata, mencegah kebutaan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak, diare, dan ISPA," tulis laman itu, Kamis (19/8/2021).

Baca juga: Mahfud MD Sebut Korupsi Musibah yang Diakibatkan oleh Manusia

Baca juga: Dedi Mulyadi Akui Lebih Sulit Mengurus Orang Gedongan Ketimbang Anak Jalanan

Pasokan vitamin A bagi tubuh juga tidak boleh berlebih, tertama yang didapat dari mengkonsumsi suplemen vitamin A. Untuk bayi usia 6-11 bulan, diberi kapsul vitamin A biru dengan dosis 100.000 IU.

Untuk balita 12-59 bulan dan ibu nifas, diberi kapsul vitamin A merah dengan dosis 200.000 IU. Suplemen vitamin A ini bisa didapat secara gratis, di bulan Februari dan Agustus.

Bagi anda yang ingin memenuhi kebutuhan gizi anaknya, bisa mendatangi fasilitas layanan kesehatan (RS, Puskesmas, Pustu, Polindes, praktik dokter) atau di Posyandu dan gratis. Tetapi tetap jaga protokol kesehatan (prokes) yah.

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X