• Senin, 15 Agustus 2022

Kementerian PANRB Tetapkan Passing Grade Ujian SKB CPNS 2021, Simak Penjelasannya

- Jumat, 30 Juli 2021 | 14:13 WIB
Penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam SKD (Instagram : BKN)
Penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam SKD (Instagram : BKN)

 

 
HARIAN MASSA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menerbitkan Keputusan Menteri PANRB Nomor 1023 Tahun 2021 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2021.

Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur, Kementerian PANRB, Katmoko Ari Sambodo menyampaikan, para pelamar harus memenuhi passing grade 65 untuk tes wawasan kebangsaan (TWK).

Selain itu, sebanyak 80 untuk tes intelegensia umum (TIU), dan 166 untuk tes karakteristik pribadi (TKP). Passing grade TKP tahun ini meningkat dari passing grade tahun sebelumnya, yaitu 126.

Baca Juga: Selain Vaksinasi, Lindungi Diri dari Varian Delta dengan Masker Ini

Baca Juga: Belum Genap Sebulan Ditinggal Ayahanda, Ibunda Irwansyah Meninggal Dunia Usai Dirawat Covid-19

Dijelaskan, perubahan nilai ambang batas dipengaruhi karena di tahun ini terdapat penambahan butir soal TKP yang semula 35 menjadi 45 soal. Sementara jumlah soal TWK sama dengan tahun sebelumnya yaitu 30 soal dan TIU 35 soal.

“Jadi secara nilai mutlaknya, passing grade-nya kita naikkan. maka secara proporsi ada kenaikan tapi hanya sedikit dibandingkan tahun 2019,” terang Ari, dikutip dari keterangan tertulis Kementerian PANRB, Jumat (30/07/2021).

Baca Juga: Keluarga Bantah Ketua Demokrat Tangsel Gacho Sunarso Meninggal Covid-19


Namun, Ari menerangkan bahwa ketentuan nilai ambang batas ini dikecualikan bagi peserta yang mendaftar pada penetapan kebutuhan khusus. Adapun bagi putra/putri lulusan terbaik berpredikat (cumlaude) dan diaspora, nilai kumulatif SKD paling rendah adalah 311 dan nilai TIU paling rendah 85.

Halaman:

Editor: Ilham Restu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X