• Rabu, 7 Desember 2022

Ibu Hamil Wajib Konsumsi Buah Apel, Ini Kasiatnya!

- Jumat, 26 Agustus 2022 | 07:10 WIB
Buah apel bermanfaat bagi kesehatan.
Buah apel bermanfaat bagi kesehatan.

HARIANMASSA – Bagi ibu hamil (Bumil) apabila mengalami gejala mual dan muntah tak perlu panik dan bingung, sebab rasa tersebut seiring dengan perkembangan janin di dalam tubuh. Hal itu lantaran disebabkan perut ibu hamil menjadi lebih sensitif karena meningkatnya asam lambung, dengan kondisi seperti ini bisa memicu rasa mual dan muntah.

Apabila Bumil mengalami demikian, terdapat saran dari ahli kesehatan untuk memanfaatkan buah apel. Pasalnya, rasa asam pada buah tersebut dapat mengurangi rasa mual dan muntah yang dirasakan oleh ibu hamil, mengingat kondisi seperti itu ibu hamil berhubungan dengan penurunan kadar asam lambung.

Seperti dikutip Harianmassa melalui doktersehatcom, kasiat buah apel juga dapat mencegah anemia selama kehamilan. Sebab, dengan kondisi seperti itu Bumil sangat rentan mengalami anemia, Jumat 26 Agustus 2022.

Baca Juga: Dinilai Cacat Formil, Gugatan Tanah Kirab Remaja Akhirnya Dicabut

Dengan demikian, salah satu cara untuk mencegah anemia pada kehamilan adalah mencukupi kebutuhan zat besi harian seperti memanfaatkan buah apel. Sebab, dalam kandungan buah apel memiliki sumber zat besi yang baik ketika kondisi Bumil kekurangan sel darah merah.

‘’Manfaat apel untuk ibu hamil ialah meningkatkan produksi hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin sendiri merupakan protein di dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen menuju ke seluruh jaringan tubuh ibu hamil dan janin,’’ tulis alam situs doktersehat.com seperti dikutip Harianmassa.

Baca Juga: Heboh Dugaan Pelecehan Seksual di Grup WhatsApp, Ini Kronologisnya

Selain itu, manfaat buah apel bagi Bumil dapat juga untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Hal itu lantaran sembelit sering terjadi pada ibu hamil disebabkan oleh perubahan hormon sehingga memperlambat proses pencernaan.

Akibatnya, Bumil dapat mengalami sembelit atau konstipasi. Kondisi ini terjadi ketika frekuensi buang air besar berkurang. Selain itu, konstipasi juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan serat.

Padahal, serat berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi buah apel. Manfaat konsumsi buah apel selama kehamilan bisa mencukupi kebutuhan serat harian sehingga bisa mencegah konstipasi. Anda bisa mengonsumsi 1-2 buah apel setiap hari selama kehamilan.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Sumber: doktersehat.com

Tags

Terkini

Tahlilan Boleh atau Tidak? Ini Penjelasan Para Ulama

Senin, 31 Oktober 2022 | 08:10 WIB

Ibu Hamil Wajib Konsumsi Buah Apel, Ini Kasiatnya!

Jumat, 26 Agustus 2022 | 07:10 WIB
X