• Senin, 28 November 2022

Penggemar Jengkol Pasti Kaget, Ternyata Manfaatnya Bagi Kesehatan Banyak

- Senin, 16 Mei 2022 | 08:25 WIB
Ilustrasi buah jengkol. Foto: Istimewa
Ilustrasi buah jengkol. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Anda penggemar jengkol? Ternyata, selain menimbulkan bau tidak sedap, jengkol juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, makan jengkol terlalu banyak juga ternyata tidak baik.

Seperti diketahui, jengkol atau pithecollobium jiringa atau pithecollobium labatum merupakan tanaman khas di Asia Tenggara. Tidak hanya dikenal di Indonesia, di Barat jengkol juga cukup dikenal dan biasa disebut dog fruit.

Bagi masyarakat Indonesia, jengkol biasa dimakan sebagai lalapan. Namun, banyak juga yang memasaknya dengan cara digoreng, disemur, bahkan direndang. Tetapi, ada juga yang menjadikannya keripik.

Baca juga: Sabotase, Gerakan Melumpuhkan yang Sangat Berbahaya

Meski rasanya enak, tidak sedikit yang membenci jengkol. Hal ini karena dampak yang disebabkan usai memakan jengkol. Mulai dari nafas, keringat, urine, hingga fases menimbulkan bau yang khas usai memakan jengkol.

Tetapi tidak banyak yang tahu, ternyata nutrisi dalam setiap 100 gram jengkol memiliki kandungan protein sebanyak 23,3 gram, vitamin C 80 mg, zat besi 4,7 gr, kalsium 140 gr, dan fosfor 166,7 mg.

Tidak hanya itu, jongkol juga diketahui mengandung karbohidrat, vitamin A, vitamin B, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, saponin, dan serat tinggi. Dari sejumlah paparan itu, cukup banyak manfaat jengkol.

Baca juga: Manfaat Makan Pisang saat Sahur, Jaga Kadar Gula hingga Cegah Maag Kambuh

Ditambah, karena bersifat diuretic jengkol dapat menangkal diabetes, dan baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tahlilan Boleh atau Tidak? Ini Penjelasan Para Ulama

Senin, 31 Oktober 2022 | 08:10 WIB

Ibu Hamil Wajib Konsumsi Buah Apel, Ini Kasiatnya!

Jumat, 26 Agustus 2022 | 07:10 WIB
X