• Senin, 28 November 2022

Tersandung Perkara Wanprestasi Bangun Rumah Tinggal, Ini Langkah Hukum yang Bisa Dilakukan

- Rabu, 16 Maret 2022 | 07:05 WIB
Ilustrasi arsitek. Foto: Istimewa
Ilustrasi arsitek. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Bagi anda yang akan membangun rumah tinggal dan memakai jasa arsitek sekaligus pemborong, sebaiknya hati-hati. 

Karena sekarang sedang marak arsitek abal-abal yang menawarkan jasa murah, dengan kualitas pengerjaan buruk hingga molor dan rumah tidak jadi. Namun, dengan kontrak yang merugikan masyarakat. 

Tetapi bagi anda yang terlanjur merasa dirugikan, berarti anda terkena wanprestasi atau ingkar janji. Untuk itu, ini upaya hukum yang bisa dilakukan.

Baca juga: Awas Arsitek Abal-abal, 5 Tips Membangun Rumah Tinggal Kerja Borongan

Pelaku wanprestasi bisa dijerat dengan pasal pidana. Dasarnya, ada pada Pasal 8 ayat (1) huruf f Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UU Konsumen).

Pasal ini, pada intinya melarang pelaku usaha untuk memperdagangkan barang yang tidak sesuai dengan janji yang dinyatakan dalam label, etiket, keterangan, iklan atau promosi penjualan barang tersebut.

Dalam kasus ini, arsitek sekaligus pemborong membangun tidak sesuai dengan ketentuan spesifikasi bangunan yang ada di kesepakatan awal.

Baca juga: Bejat! Kades Cabuli Staf di Kantor Desa dan Ambulans Sebanyak 5 Kali

Di peradilan umum, gugatan dilayangkan atas dasar wanprestasi atau ingkar janjinya pihak developer. Dalam gugatan ini, anda bisa menuntut ganti rugi dan juga bunga, berupa hilangnya keuntungan yang sudah diperkirakan oleh kreditor seandainya tidak terjadi wanprestasi.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tahlilan Boleh atau Tidak? Ini Penjelasan Para Ulama

Senin, 31 Oktober 2022 | 08:10 WIB

Ibu Hamil Wajib Konsumsi Buah Apel, Ini Kasiatnya!

Jumat, 26 Agustus 2022 | 07:10 WIB
X