• Sabtu, 21 Mei 2022

Serunya Berburu Kuliner Khas Mie Laksa Nyonya dan Nyai di Kota Tangerang

- Jumat, 11 Maret 2022 | 08:40 WIB
Mie Laksa Tangerang. Foto: Istimewa
Mie Laksa Tangerang. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Salah satu makanan khas Tangerang adalah laksa. Jenis makanan ini sangat mudah kita temui di Kota Tangerang. 

Laksa atau yang lebih dikenal dengan Mie Laksa sebenarnya makanan khas Tionghoa dan Melayu. Sesuai dengan namanya, laksa berasal dari bahasa sanskerta yang berarti banyak. Bisa juga banyak bumbu. 

Disejumlah daerah, kita bisa menemukan Mie Laksa. Ada Laksa Bogor, Laksa-Betawi">Laksa Betawi dan Laksa Tangerang yang tidak kalah terkenal. 

Baca juga: Yuk! Jadwalkan Liburan Bersama Keluarga ke Kebun Raya Bogor

Dikutip dari laman Indonesia.go.id, Laksa Tangerang memiliki keunikan dan ciri khas sendiri dibandingkan dengan Laksa Bogor dan Betawi. 

Jika melihat Laksa Bogor, terdapat kuah kental dari potongan oncom dengan campuran ketupat, bihun, tauge panjang, suwiran daging ayam, udang, dan telur rebus yang biasanya di makan dengan sambal suka.

Pada Laksa-Betawi">Laksa Betawi berisi telur, tauge pendek, ketupat, daun kemangi dan kucai. Ada juga yang menambahkan bihun dan perkedel. 

Baca juga: Film Janur Kuning Propaganda Orde Baru Tonjolkan Peran Soeharto Hapus Klaim Sultan

Laksa Tangerang terbuat dari mie tepung beras putih yang sudah direbus, kemudian ditaburi daun seledri, dan diberi kuah kuning kental. Tidak ketinggalan parutan kelapa yang disangrai dan kacang hijau. 

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Lirik Lagu ‘KAULAH’ SINGGASANA Band

Jumat, 4 Maret 2022 | 12:28 WIB
X