• Kamis, 18 Agustus 2022

Bahaya Olahraga di Siang Hari, Mulai Jantung Berdebar hingga Heat Stroke

- Selasa, 1 Maret 2022 | 07:50 WIB
Ilustrasi olahraga siang hari. Foto: Istimewa
Ilustrasi olahraga siang hari. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Olahraga penting bagi kesehatan. Apalagi jika rutin dilakukan. Namun, memiliki risiko jika dilakukan pada siang hari. 

Berdasarkan penelitian dari University of Nebraska di Omaha, AS, berolahraga di lingkungan bersuhu tinggi ternyata bisa mempengaruhi sejumlah kinerja selotot, terutama pada bagian mitokondria.

Dilansir dari Hello Sehat, mitokondria adalah bagian sel yang berperan besar dalam pembentukan energi dan pernapasan makhluk hidup.

Baca juga: Doa Nabi Yunus saat Berada di Dalam Perut Ikan, Tenangkan Hati dan Bantu Hadapi Masalah

Ketika mitokondria pada sel otot tidak berfungsi, maka dapat berakibat pada risiko obesitas, penuaan, dan diabetes, dan masalah lainnya.

Peneliti juga ingin mengetahui berapa suhu optimal untuk berolahraga yang bisa melancarkan proses pembentukan energi di mitokondria.

Mereka mempelajari bagaimana suhu yang sejuk, dingin, hingga panas seperti siang hari di bawah terik matahari memengaruhi kesehatan.

Baca juga: Bisa Menghilangkan Kutu, Manfaat Minyak Kelapa dan Cara Membuatnya di Rumah

Dustin Slivka, selaku kepala penelitian juga mengungkapkan olahraga ketika panas tidak mendukung perkembangan mitokondria. Meski demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut dampak jangka panjangnya. 

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X