• Jumat, 19 Agustus 2022

Awas Arsitek Abal-abal, 5 Tips Membangun Rumah Tinggal Kerja Borongan

- Sabtu, 19 Februari 2022 | 07:40 WIB
Ilustrasi arsitek. Foto: Istimewa
Ilustrasi arsitek. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Bagi anda yang ingin membangun rumah, jasa arsitek sekaligus kontraktor akan sangat membantu. Jasa ini, sering disebut juga dengan kerja borongan tinggal terima kunci. 

Namun, memilih kontraktor sekaligus arsitek tidak mudah. Salah-salah, malah dapat arsitek abal-abal. Apalagi, banyak kasus pengerjaan proyek oleh arsitek sekaligus kontraktor yang tidak beres, bahkan seriang molor.

Yang terburuk, rumah tidak selesai dibangun dan proyek mangkrak. Akibatnya, konsumen yang malah dirugikan. Uang sudah habis-habisan, tetapi rumah idaman yang diimpikan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Baca juga: Bejat! Kades Cabuli Staf di Kantor Desa dan Ambulans Sebanyak 5 Kali

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan untuk memilih arsitek sekaligus kontraktor untuk membangun rumah tinggal.

1. Jangan Mudah Percaya dengan Harga Murah

Bagi anda yang belum memiliki pengalaman membangun rumah, sebaiknya jangan terlalu percaya dengan arsitek yang menawarkan jasa kontraktor membangun rumah tinggal. Apalagi jika arsitek itu menawarkan harga murah.

Pastikan sebelum anda membuat kesepakatan dengan arsitek sekaligus kontraktor itu, cek berkali-kali harga pasaran bahan bangunan, dan jasa kontraktor. Setelah yakin dan melakukan cek ricek berkali-kali, baru buat kesepakatan.

Biasanya, kontraktor maupun arsitek tidak akan memberikan anda gambar desain rumah secara cuma-cuma. Anda harus memberikan sejumlah uang tanda jadi atau down payment (DP) terlebih dulu sebelum pekerjaan desain dimulai.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X