• Selasa, 25 Januari 2022

Seberapa Penting Layanan Trauma Center untuk Penanganan Korban Kecelakaan?

- Rabu, 12 Januari 2022 | 18:47 WIB
Salah satu RS yang dilengkapi dengan fasilitas tersebut adalah Rumah Sakit JIH Solo. (Foto: ist)
Salah satu RS yang dilengkapi dengan fasilitas tersebut adalah Rumah Sakit JIH Solo. (Foto: ist)

HARIAN MASSA - Semakin berkembangnya zaman, populasi manusia dan perkembangan teknologi pun semakin meningkat. Tak hanya mempermudah hidup, risiko-risiko yang dapat mengancam keselamatan diri Anda juga bermunculan dan menjadi semakin banyak.

Kemalangan-kemalangan tersebut bisa terjadi karena kecelakaan di rumah, tempat kerja, hingga kecelakaan di jalan raya ketika seseorang sedang berkendara.

Guna menanggulangi hal itu, setiap wilayah sudah saatnya memiliki rumah sakit berfasilitas lengkap berupa trauma center. Walaupun istilah trauma center masih terasa asing, namun fasilitas ini ditengarai mampu membantu para korban kecelakaan yang mengalami trauma atau cedera dengan optimal dan cepat.

Baca juga: Korban Tenggelam di Sungai Ciapus Rizki Ramadhan Ditemukan Tewas

Salah satu RS yang dilengkapi dengan fasilitas tersebut adalah Rumah Sakit JIH Solo. Lantas apa itu trauma center dan apa fungsinya.

"Secara garis besar, trauma center adalah unit yang disediakan oleh pusat layanan kesehatan guna menangani pasien yang mengalami trauma atau kecelakaan," ungkap Manajer Pelayanan Medis RS JIH Solo, Dr. Sri Mulyaningsih, melalui pernyataannya, Rabu (12/1/2022).

Menurutnya, layanan ini melibatkan banyak dokter ahli dalam penanganannya, dan secara umum siap melayani pasien selama 24 jam, dengan fasilitas lengkap seperti Unit Gawat darurat, ambulance, laboratorium, radiologi, kamar operasi, Intensive Care Unit (ICU), rehabilitasi medik hingga apotek.

Baca juga: Pemerintah Keluarkan Izin 5 Produk Vaksin Booster, Target Pertama Kelompok Rentan

"Salah satu layanan unggulan RS JIH Solo adalah layanan Trauma Center. Rumah sakit kami telah dilengkapi berbagai sarana dan prasarana dalam melayani pasien dengan kondisi akibat trauma atau kecelakaan, terutama pada kasus kecelakaan lalu lintas. Ini memungkinkan para pasien mendapatkan pelayanan secara Komprehensif," jelasnya.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Masakan Siang ; Kentang Telur Bumbu Bali

Rabu, 29 Desember 2021 | 09:14 WIB

Menu Sarapan Ideal: Konsumsi Protein dan Lemak

Rabu, 29 Desember 2021 | 08:50 WIB

Sejarah Islam: Nabi Isa Menghidupkan Putra dari Nabi Nuh

Selasa, 28 Desember 2021 | 12:05 WIB
X