• Sabtu, 13 Agustus 2022

HIV Masih Mengancam, Ternyata Ciuman Bibir Aman dan Tidak Menularkan

- Minggu, 7 November 2021 | 14:51 WIB
Ilustrasi tes positif HIV. Istimewa/Twitter
Ilustrasi tes positif HIV. Istimewa/Twitter

HARIAN MASSA - Penderita HIV di Indonesia masih tinggi. Penyakit yang tidak bisa disembuhkan ini, masih menjadi momok masyarakat.

Meski demikian, banyak yang belum tahu penularan penyakit ini. Bagi ibu menyusui, ASI ternyata bisa menularkan bayi terhadap HIV.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengatakan, ada beberapa hal yang harus diketahui.

Baca juga: Admin Polresta Bogor Kota Like Video Porno Ngaku Kena Hack, Netizen: Buka Bokep Manusiawi Kok!

"Jelang Hari AIDS sedunia, Human Immunodeficiency Virus (HIV) dapat ditularkan melalui cairan tubuh tertentu," kata Zubairi, dikutip Harian Massa dari akun Twitter-nya @ProfesorZubairi, Minggu (7/11/2021).

Diantara yang perlu diperhatikan masyarakat, penularan HIV bisa terjadi karena darah, air mani, cairan vagina, cairan anus dan ASI.

"Bahkan cairan ketuban dan sumsum tulang belakang bisa menularkan HVI. Air mata, air liur, dan keringat tidak menularkan virus," ungkapnya.

Baca juga: Selisih Paham Usai Pesta Miras, Sahabat Saling Tikam di Malang

Dilanjutkan dia, cara penularan HIV bisa dilakukan melalui hubungan seks lelaki perempuan dan antarlelaki, jarum suntik narkoba, dan transfusi darah atau komponennya.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X