• Jumat, 19 Agustus 2022

Berita Foto: Sempat Dibongkar, Pengungsi Afghanistan Kembali Dirikan Tenda di Kebon Sirih

- Jumat, 17 September 2021 | 08:05 WIB
Potret tenda pengungsi warga Afghanistan di Kebon Sirih. (Foto: Kevin Herbian/Harian Massa.)
Potret tenda pengungsi warga Afghanistan di Kebon Sirih. (Foto: Kevin Herbian/Harian Massa.)

HARIAN MASSA - Puluhan pengungsi Afghanistan kembali menempati ruas jalan di Kebon Sirih Barat Satu, Jakarta Pusat. Tampak sebanyak 14 tenda darurat berdiri tepat di atas saluran air samping kantor United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), Jum'at 17 September 2021

Sebelumnya, aparat gabungan yang terdiri dari Satpol PP dan beberapa anggota kepolisian telah menertibkan kawasan tersebut, dan membongkar paksa tenda-tenda para pengungsi pada 6 September 2021 lalu.

Bukan tanpa alasan, para pengungsi Afghanistan kembali mendirikan tenda-tenda kecil. Meski dengan resiko dibongkar paksa aparat.

Baca Juga: Emisi Karbondioksida dari Kebakaran Hutan Australia Meningkat Tajam

Ketika dijumpai Harian Massa, salah satu pengungsi Afghanistan, Mehran mengaku nekat mendirikan tenda untuk mendapatkan perhatian dari organisasi internasional yang mengurusi pengungsian.

“Kami hanya ingin mendapat perhatian dari UNHCR, agar kami bisa segera ditempatkan di negara ketiga," ujar Mehran kepada Harian Massa.

Baca Juga: Ilmuan Harvard Berencana Menghidupkan Kembali Mammoth

Informasi yang berhasil didapat, para pengungsi Afghanistan tiba di Jakarta akibat negaranya didera konflik berkepanjangan dari milisi bersenjata Taliban. Mereka merana di negeri orang selama bertahun-tahun.

Seperti diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara yang belum menandatangani Konvensi 1951 tentang pengungsi. Sehingga Indonesia tidak bertanggung jawab atas kehidupan para pencari suaka.

Kendati begitu, kewenangan untuk menjalankan mandat perlindungan pengungsi internasional, sepenuhnya berada di tangan UNHCR.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X