• Kamis, 18 Agustus 2022

Sembuhkan Sakit Hati dengan Metode Self Healing, Simak Penjelasan Psikiater

- Jumat, 17 September 2021 | 05:15 WIB
Ilustrasi Fenomena self healing. Foto: Pixabay
Ilustrasi Fenomena self healing. Foto: Pixabay

HARIAN MASSA - Fenomena self healing menjadi trending topik di kalangan kawula muda. Self healing merupakan metode penyembuhan diri sendiri, bisa berupa sakit hati terhadap seseorang, dan patah hati.

Di jagat dunia maya, self healing semakin marak di berbagai platform media sosial. Self healing bisa juga diartikan sebagai proses penyembuhan luka diri dari luka batin atau mental yang berbagai hal.

Luka batin bisa muncul dalam bentuk perasaan gelisah, merasa sedih mendalam, merasa gagal, yang mengarah kepada kondisi depresi.

Baca juga: Angka Kematian Ibu dan Bayi di Indonesia Tinggi, Capai 1.388 Selama Covid-19

Upaya cara self healing dilakukan diri sendiri untuk menyembuhkan dengan cara pribadi masing-masing orang.

Ramainya konten penanganan self healing menjadi sorotan oleh salah satu pakar psikiater rumah sakit swasta di Bogor. Seperti diungkapkan psikiater RS Siloam Bogor, Jiemi Ardian dalam Twitter @Jiemiardian.

"Kalau ke psikiater atau psikolog swasta, ya bener lebih murah self healing ala-ala (jalan-jalan, wisata, yang juga engga bisa sepenuhnya dibilang self healing). Tapi kalau pakai BPJS, jelas jauh lebih murah terapi betulan. Jadi pertanyaan sebenarnya, bukan lebih murah mana," katanya, dikutip Harian Massa, Jumat (17/9/2021). 

Baca juga: Bioskop di Kota Tangerang Kembali Dibuka, Anak 12 Tahun Dilarang Masuk

Disisi lain, Jiemi Ardian menekankan kepada netizen, bahwa self healing tersebut bukanlah adanya dengan kaitan perbandingan harga.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Sumber: Twitter @jiemiardian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X