• Kamis, 18 Agustus 2022

Bayi Terlahir dari Ibu Pengguna Narkoba Rawan Terserang Sindrom Kematian Mendadak

- Selasa, 14 September 2021 | 22:08 WIB
Ilustrasi bayi. (Foto: pixabay.)
Ilustrasi bayi. (Foto: pixabay.)

HARIAN MASSA – Ahli kesehatan anak menganjurkan bayi untuk tidak dibiarkan tidur dengan posisi tengkurap. Pasalnya, hal itu disebut menjadi salah satu faktor SIDS.

Informasi yang berhasil dirangkum Harian Massa dari blogdokter.com, SIDS (Sudden Infant Death Sindrome) atau biasa disebut dengan sindrom kematian bayi mendadak adalah sesuatu yang tidak diketahui penyebabnya.

Dikutip dari tulisan Dokter Made dalam blog pribadinya itu, disebutkan kematian bayi mendadak ini biasanya terjadi saat bayi tertidur di usianya dua (2) minggu sampai enam (6) bulan.

Baca Juga: Pegawai Vendor ATM Tertipu Gadis Cantik Bertato di Tangsel, Motor Dibawa Lari

“Beberapa faktor risiko terjadinya SIDS antara lain, bayi yang memiliki saudara dengan riwayat SIDS, bayi yang terlahir dari ibu pengguna narkoba (heroin, methadone atau kokain) saat hamil,” terang Dokter Made dikutip Harian Massa, Selasa 14 September 2021.

“Bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari 2000 gram, bayi dengan pola nafas yang abnormal dan bayi yang tidur tengkurap,” ujarnya.

Baca Juga: Berhasil Budidaya Tanaman Sansiviera, Siswi SD Asal Wonorejo Bersaing di Putri Lingkungan Surabaya

Baca Juga: Gara-gara Joging Diikuti Pria di Bogor, Finalis Miss Earth Indonesia Diteror Warga Komplek

Dengan adanya itu, faktor SIDS yang paling besar dalam blog tersebut dijelaskan adalah bayi yang tidur tengkurap. Untuk itu, ahli kesehatan menganjurkan agar bayi ditidurkan dengan posisi terlentang.

Editor: Don Oslo

Sumber: blogdokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X