• Rabu, 10 Agustus 2022

China Ungkap Rencana Eksplorasi Ruang Angkasa

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 08:45 WIB
Ilustrasi, stasiun ruang angkasa. Foto: Pixabay
Ilustrasi, stasiun ruang angkasa. Foto: Pixabay

HARIAN MASSA - China mengungkapkan akan lakukan eksplorasi ruang angkasa termasuk bangun pangkalan di Mars, mengembangkan planet, dan 'tangga langit' untuk pindahkan barang-barang ke luar angkasa.

Kepala China Academy of Launch Vehicle Technology (CALT), Wang Xiaojun, mengatakan China akan mengambil sampel Mars dan mencari lokasi tempat untuk pangkalan Mars. Setelah itu dilanjutkan dengan mengembangkan pangkalan.

Baca Juga: Apartemen di Milan Alami Kebakaran Hebat

"Tahap ketiga akan mengangkut armada kargo dari Bumi ke Mars untuk membangun komunitas di planet Mars. Jadwal saat ini menjadwalkan peluncuran ini kira-kira setiap dua tahun dari tahun 2033 hingga 2043," ujarnya seperti dilansir The Independent, Senin (30/8/2021).

Tahap keempat yang sangat potensial dan dapat mengurangi biaya dan waktu untuk perjalanan ke Mars juga sedang dikembangkan, tetapi belum jelas seberapa banyak kemajuan yang telah dicapai. Kini desain tengah dikembangkan dalam simulasi komputer, menampilkan kapsul ruang angkasa yang berjalan di sepanjang jalur terbuat dari nanotube karbon untuk mencapai stasiun ruang angkasa. Setelah itu, kapsul akan diluncurkan kembali dari stasiun ke Mars.

Baca Juga: Diculik 3 Bulan, Anak-Anak Sekolah di Nigeria Dibebaskan

Gagasan tentang 'tangga langit' atau elevator ruang angkasa yang sesuai telah dipertimbangkan oleh manusia sejak tahun 1895. Lift semacam itu harus berada di orbit geostasioner, sehingga ia bergerak bersamaan dengan planet ini.

Insinyur pertama-tama akan merakit stasiun ruang angkasa yang sangat besar, dan kemudian menjatuhkan kabel ke Bumi yang akan dipasang ke planet Mars. Dengan begitu, kemungkinan biaya perjalanan ke luar angkasa akan turun lebih dari 99 persen, dengan peralatan dan personel, untuk melakukan perjalanan antar planet relatif sederhana.

Sementara China memiliki rencana untuk menjelajahi asteroid, serta mengirim pesawat ke Jupiter untuk studi lebih lanjut. Sebuah misi sampel Mars, dan misi eksplorasi Jupiter, bisa datang segera setelah 2030.

Editor: Rabbani

Sumber: The Independent

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Sejarah Kesucian Kain Hitam Penutup Kabah

Jumat, 29 Juli 2022 | 21:06 WIB

Piramida dan Istana Suku Maya Ditemukan di Meksiko

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:48 WIB

Semarak Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:36 WIB

 China Denda Influencer Terkenal di Medsos

Jumat, 17 Juni 2022 | 19:47 WIB

Trik WhatsApp Terlihat Offline Tanpa Mematikan

Minggu, 27 Maret 2022 | 08:29 WIB

Youtube Akan Sembunyikan Jumlah Dislike

Kamis, 11 November 2021 | 11:16 WIB
X