• Rabu, 10 Agustus 2022

Ilmuwan Percaya Temukan Pulau Paling Utara di Dunia

- Senin, 30 Agustus 2021 | 06:10 WIB
Ilustrasi, Pulau Baru. Foto: Pixabay
Ilustrasi, Pulau Baru. Foto: Pixabay

HARIAN MASSA - Para ilmuwan percaya mereka telah menemukan pulau paling utara di dunia, setelah sepetak tanah kecil terungkap di lepas pantai Greenland. Penemuan ini terjadi secara tidak sengaja saat peneliti mengunjungi daerah tersebut untuk mengambil sampel.

"Bukan niat kami untuk menemukan pulau baru," kata Morten Rasch, penjelajah kutub dan kepala fasilitas penelitian Stasiun Arktik di Greenland seperti dilansir SkyNews, Senin (30/8/2021).

Baca Juga: Temuan Baru Tengkorak Manusia di Sulawesi Tantang Teori Para Ilmuwan Tentang Manusia Purba

Para kru tidak percaya paparan pulau itu merupakan konsekuensi langsung dari pemanasan global, yang telah menyusutkan lapisan es di Greenland.

Beberapa ekspedisi AS dalam beberapa dekade terakhir telah mencari di daerah yang sama untuk pulau paling utara di dunia. Awalnya, tim ini mengira mereka telah tiba di Oodaaq, sebuah pulau yang ditemukan oleh tim survei Denmark pada tahun 1978.

Baca Juga: 90 Warga Afghanistan Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri ISIS di Bandara Kabul

Pengusaha Swiss Christiane Leister, pendiri Yayasan Leister yang mendanai ekspedisi, mengatakan itu mengingatkannya pada penjelajah di masa lalu, yang mengira mereka mendarat di tempat tertentu tetapi sebenarnya menemukan tempat yang sama sekali berbeda.

Pulau kecil, berukuran kira-kira 30 meter dan memiliki ketinggian sekitar tiga meter, terdiri dari lumpur dasar laut serta moraine tanah dan batu yang yang tertutup oleh gletser.

Untuk diklasifikasikan sebagai pulau, maka tanah harus tetap berada di atas permukaan laut pada saat air pasang. "Itu memenuhi kriteria sebuah pulau. Ini saat ini adalah tanah paling utara di dunia," kata Rene Forsberg, profesor dan Kepala Geodinamika di Institut Luar Angkasa Nasional Denmark.

Mereka pun telah menyarankan tanah itu diberi nama 'Qeqertaq Avannarleq', yang berarti 'pulau paling utara' di Greenland.

Halaman:

Editor: Rabbani

Sumber: Sky News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Sejarah Kesucian Kain Hitam Penutup Kabah

Jumat, 29 Juli 2022 | 21:06 WIB

Piramida dan Istana Suku Maya Ditemukan di Meksiko

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:48 WIB

Semarak Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:36 WIB

 China Denda Influencer Terkenal di Medsos

Jumat, 17 Juni 2022 | 19:47 WIB

Trik WhatsApp Terlihat Offline Tanpa Mematikan

Minggu, 27 Maret 2022 | 08:29 WIB

Youtube Akan Sembunyikan Jumlah Dislike

Kamis, 11 November 2021 | 11:16 WIB
X