• Rabu, 10 Agustus 2022

Antibodi Ilama Bakal Tamatkan Teror Covid-19

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 22:20 WIB
Ilustrasi, Virus Covid - 19. Foto: Pixabay
Ilustrasi, Virus Covid - 19. Foto: Pixabay

HARIAN MASSA - Setelah unta diyakini oleh para ahli mampu mematikan virus COVID-19, kini antibodi hewan Ilama kemungkinan besar akan memiliki peran global dalam membantu memerangi Covid-19.

Seperti dilansir dari Mediacorp News, ini jika uji klinis yang dilakukan oleh perusahaan biomedis Belgia berjalan lancar seperti yang dijanjikan,


Bahkan Reuters memberitakan peneliti dari VIB-UGent Medical Biotechnology Center di Ghent mengatakan antibodi yang diambil dari seorang Ilama bernama 'Winter' telah berhasil menghentikan penyebaran virus corona termasuk variannya dalam uji laboratorium.

"Teknologi ini, yang merupakan kemajuan terbesar, terlihat meningkatkan peran vaksin dalam melindungi orang dengan sistem kekebalan yang lemah, serta merawat individu yang terinfeksi di rumah sakit," kata Kepala Petugas Medis ExeVir VIB-UGent Domunique Tersago.

"Antibodi Ilama yang luar biasa dapat mengikat bagian-bagian tertentu dari Protein S dari virus dan kami tidak melihat mutasi pada tingkat yang tinggi di sana," katanya.

Antibodi juga menunjukkan tingkat netralisasi yang kuat terhadap varian Delta yang sangat menular.

Menurut Kepala Grup VIB-UGent Xavier Saelens, seperti Ilama dan spesies unta lainnya, Winter menghasilkan versi antibodi yang lebih kecil dan lebih stabil daripada hewan lain.

"Ukurannya yang kecil memungkinkannya mencapai target hingga bagian virus yang sulit diakses oleh antibodi normal," katanya.

Pencarian pengobatan Covid-19 ini merupakan tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 yang melibatkan penggunaan antibodi hewan Illama untuk melawan virus SARS dan MERS.

Editor: Jonhri Janen

Tags

Terkini

Inilah Sejarah Kesucian Kain Hitam Penutup Kabah

Jumat, 29 Juli 2022 | 21:06 WIB

Piramida dan Istana Suku Maya Ditemukan di Meksiko

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:48 WIB

Semarak Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:36 WIB

 China Denda Influencer Terkenal di Medsos

Jumat, 17 Juni 2022 | 19:47 WIB

Trik WhatsApp Terlihat Offline Tanpa Mematikan

Minggu, 27 Maret 2022 | 08:29 WIB

Youtube Akan Sembunyikan Jumlah Dislike

Kamis, 11 November 2021 | 11:16 WIB
X