• Rabu, 10 Agustus 2022

Tips Merekam Panggilan Suara di WhatsApp

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 20:30 WIB
Aplikasi Whatsapp merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi.
Aplikasi Whatsapp merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi.

HARIAN MASSA - Hampir semua pengguna smartphone saat ini telah beralih ke aplikasi perpesanan untuk mengirimkan pesan atau menelpon, misalnya menggunakan WhatsApp.

Namun, terkadang pengguna membutuhkan rekaman saat ia menelpon. Di sinilah tingkat kenyamanan menelpon tanpa aplikasi cenderung lebih nyaman dibandingkan di WhatsApp.

WhatsApp tidak mendukung perekaman panggilan asli. Sehingga relatif lebih mudah untuk merekam panggilan dari fitur perekam yang langsung ada di smartphone.

Namun, sebenarnya merekam panggilan lewat WhatsApp sebenarnya bukan tidak mungkin. Bahkan, relatif lebih mudah merekam di WhatsApp Android dibandingkan WhatsApp iPhone, karena Apple tidak mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses mikrofon dan aplikasi telepon secara bersamaan.

Bagi pengguna smartphone berbasis Android dan memiliki perekam panggilan, dapat menggunakannya untuk merekam suara serta panggilan video, mengingat ponsel sekarang telah mendukung multitasking.

Setelah panggilan aktif, pengguna dapat membuka perekam suara ponsel dan tekan rekam. Pastikan audio ada di speakerphone sehingga perekam mendapatkan suara speaker dan penerima.

Tapi jika ponsel tidak memiliki perekam suara, dapat mengunduh aplikasi Google Recorder dari Google Play Store atau aplikasi bernama Cube Call Recorder. Kedua aplikasi ini gratis dan berguna untuk merekam panggilan.

Cube Call Recorder mendukung perekaman otomatis panggilan masuk dan rekaman panggilan melalui berbagai aplikasi. Cube Call Recorder dalam deskripsi Play Store mencatat bahwa aplikasi ini dapat merekam panggilan telepon, Signal, Skype 7, Skype Lite, Viber, WhatsApp, Hangouts, Facebook, IMO, WeChat, KAKAO, LINE, Slack, Telegram 6, dan Messenger 6.

Sementara pada iPhone, seperti disinggung sebelumnya, Apple tidak mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses mikrofon dan aplikasi telepon secara bersamaan sehingga fitur perekaman layar dan perekam memo suara di iPhone tidak dapat digunakan.

Selain itu, tidak ada aplikasi di App Store yang mendukung perekaman panggilan. Solusinya bisa sedikit membosankan, dan cara termudah untuk merekam panggilan WhatsApp dari iPhone adalah tidak melakukannya.

Ini bukan berarti tidak akan mendapatkan rekaman panggilan yang diinginkan, tetapi mungkin tidak mendapatkannya di iPhone, karena akan lebih mudah untuk merekam panggilan dari telepon lain sambil tetap menyalakan speaker.

Editor: Jonhri Janen

Tags

Terkini

Inilah Sejarah Kesucian Kain Hitam Penutup Kabah

Jumat, 29 Juli 2022 | 21:06 WIB

Piramida dan Istana Suku Maya Ditemukan di Meksiko

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:48 WIB

Semarak Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:36 WIB

 China Denda Influencer Terkenal di Medsos

Jumat, 17 Juni 2022 | 19:47 WIB

Trik WhatsApp Terlihat Offline Tanpa Mematikan

Minggu, 27 Maret 2022 | 08:29 WIB

Youtube Akan Sembunyikan Jumlah Dislike

Kamis, 11 November 2021 | 11:16 WIB
X