• Selasa, 9 Agustus 2022

lmuwan di China Temukan Dua Spesies Dinosaurus Sebesar Paus Biru

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 19:05 WIB
Ilustrasi, Fosil Dinosaurus. Foto: Pixabay

HARIAN MASSA - Ilmuwan di China menemukan dua spesies baru dinosaurus hampir sebesar paus biru. Disebutkan dua spesies itu mungkin hidup sekitar 120 hingga 130 juta tahun yang lalu.

Penelitian dalam jurnal Scientific Reports ini didasarkan pada analisis fosil yang muncul dari wilayah barat laut China di Xinjiang dan Cekungan Turpan. Para ilmuwan menemukan dua spesimen fosil berasal dari spesies yang belum diketahui asal-usulnya.

Baca Juga: Gempa Haiti: Korban Tewas Melonjak Hingga 1.297 Orang

Dilansir The Independent, mereka menamai dua spesies dinosaurus raksasa Silutitan Sinensis dan Hamititan Xinjiangensis. Penamaan tersebut mengacu pada wilayah di mana ia ditemukan.

Spesies Silutitan, para peneliti memperkirakan, panjangnya bisa lebih dari 20 meter dan spesimen Hamititan mungkin memiliki panjang sekitar 17 meter. Panjangnya hampir sama dibandingkan dengan paus biru modern yang tumbuh hingga panjang 23-30 meter.

Kedua spesies berasal dari zaman awal sekitar 120 hingga 130 juta tahun yang lalu. Species ini termasuk dalam keluarga Sauropoda, yang mencakup sekelompok dinosaurus pemakan tumbuhan.