• Rabu, 10 Agustus 2022

Bahan Kimia Plastik buat Kelomang Bergairah Secara Seksual

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 10:10 WIB
Sampah plastik di lautan melepaskan zat aditif yang membuat Kelomang menunjukkan gairah seksual mereka. Foto: Pixabay
Sampah plastik di lautan melepaskan zat aditif yang membuat Kelomang menunjukkan gairah seksual mereka. Foto: Pixabay

HARIAN MASSA - Perairan di lepas pantai North Yorkshire ditemukan mengandung bahan kimia dari plastik yang disebut oleamida oleh para ilmuwan di University of Hull. Para peneliti mengatakan sampah plastik di lautan melepaskan zat aditif yang mungkin membuat kepiting pertapa atau kelomang menunjukkan gairah seksual mereka.

Para peneliti telah mempelajari dampak perubahan iklim dan polusi plastik pada spesies laut. Mereka menemukan bahwa oleamida tidak hanya menyebabkan gairah seksual di antara kepiting tetapi juga disalahartikan sebagai makanan. Lalu kelomang akan terdorong melakukan perjalanan mencari makanan hanya untuk menemukan plastiknya.

Tim peneliti di University of Hull telah mempelajari jenis daya tarik yang sangat berbeda, yang terjadi di perairan lepas pantai Yorkshire. "Kesimpulan mereka? Kepiting mungkin 'bersemangat secara seksual' dengan zat aditif yang dilepaskan oleh plastik di laut," ungkap para peneliti, seperti dilansir dari Sky News, Rabu (11/8/2021).

Baca Juga: Reptil Terbang Ditemukan di Queensland

Sementara, salah satu peneliti, yang sedang mengambil gelar PhD Paula Schirrmacher, mengatakan studi menunjukkan bahwa oleamide menarik kelomang.

"Tingkat respirasi meningkat secara signifikan sebagai respons terhadap konsentrasi oleamida yang rendah, dan kelomang menunjukkan daya tarik perilaku yang sebanding dengan respons mereka terhadap stimulan makan," katanya.

Baca Juga: Space X Rakit Roket Terbesar

Menurutnya, oleamida juga memiliki kemiripan yang mencolok dengan asam oleat, bahan kimia yang dilepaskan oleh arthropoda selama dekomposisi. Kelomang mungkin salah mengidentifikasi oleamida sebagai sumber makanan, menciptakan perangkap.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa pencucian aditif dapat memainkan peran penting dalam daya tarik kehidupan laut ke plastik," tambah Ms Schirrmacher.

Editor: Rabbani

Sumber: Sky News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Sejarah Kesucian Kain Hitam Penutup Kabah

Jumat, 29 Juli 2022 | 21:06 WIB

Piramida dan Istana Suku Maya Ditemukan di Meksiko

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:48 WIB

Semarak Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:36 WIB

 China Denda Influencer Terkenal di Medsos

Jumat, 17 Juni 2022 | 19:47 WIB

Trik WhatsApp Terlihat Offline Tanpa Mematikan

Minggu, 27 Maret 2022 | 08:29 WIB

Youtube Akan Sembunyikan Jumlah Dislike

Kamis, 11 November 2021 | 11:16 WIB
X