• Rabu, 10 Agustus 2022

SpaceX Rakit Roket Terbesar

- Minggu, 8 Agustus 2021 | 00:55 WIB
Elon Musk siap luncurkan pesawat ruang angkasa Starship. Foto: Twitter @elonmusk
Elon Musk siap luncurkan pesawat ruang angkasa Starship. Foto: Twitter @elonmusk

HARIAN MASSASpace X merakit pesawat ruang angkasa yang pernah dibuat. Pesawat ruang angkasa versi Starship ini hadir untuk mengirim orang ke Bulan dan ini adalah inti dari rencana untuk memungkinkan umat manusia menjadi spesies multiplanet.

Tetapi pertama-tama harus menjalani serangkaian tes, dan Space X saat ini sedang mempersiapkan penerbangan orbital. Melihat pesawat ruang angkasa terbang ke luar angkasa, berlayar di orbit dan kemudian mendarat kembali di Bumi.

Untuk melakukannya, ini akan bergantung pada kekuatan besar pendorong Super Heavy-nya, yang telah ditunjukkan oleh Musk waktu lalu melalui laman twitternya. Pendorong itu telah dirakit dengan cepat dalam beberapa minggu terakhir.

Baca Juga: Elon Musk Berbagi Persiapan Starship Untuk Diluncurkan ke Orbit Pertama Kali

Dilansir dari The Independent, disebutkan ini merupakan roket paling kuat yang pernah dirakit oleh umat manusia. Perusahaan telah merencanakan untuk menempelkan kedua bagian yakni roket dan pendorong pada hari Kamis, tetapi sempat gagal karena angin kencang.

Pada Jumat pagi waktu setempat, kedua bagian itu saling menempel, akhirnya merakit kendaraan peluncuran yang sangat besar. Sejumlah orang yang menyaksikan dari kejauhan di pangkalan Space X, bersorak saat kedua bagian itu ditumpuk bersama.

Baca Juga: 6 game PS4 terbaik: Dari God of War hingga Resident Evil

Masih belum jelas kapan penerbangan orbit itu akan benar-benar terjadi. Hambatan utama tidak dianggap teknis atau praktis melainkan peraturan, dengan Space X membutuhkan persetujuan dari Otoritas Penerbangan Federal sebelum peluncuran dapat dilakukan.

Elon Musk telah berbagi gambar dari situs peluncurannya di Texas, yang disebut Starbase oleh perusahaan. Itu termasuk gambar roket yang sedang dirakit, dan mesinnya yang padat, serta pesawat yang dipindahkan ke lokasi peluncurannya.

Versi Starship yang digunakan dalam pengembangan baru secara internal dikenal sebagai SN20, sesuai dengan skema penomoran yang telah melihat kemajuan Space X melalui berbagai versi pesawat yang berbeda. Tes terakhir dilakukan pada SN15, namun ditinggalkan karena Space X menggunakan SN20 yang lebih canggih.

Halaman:

Editor: Rabbani

Sumber: The Independent

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Sejarah Kesucian Kain Hitam Penutup Kabah

Jumat, 29 Juli 2022 | 21:06 WIB

Piramida dan Istana Suku Maya Ditemukan di Meksiko

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:48 WIB

Semarak Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:36 WIB

 China Denda Influencer Terkenal di Medsos

Jumat, 17 Juni 2022 | 19:47 WIB

Trik WhatsApp Terlihat Offline Tanpa Mematikan

Minggu, 27 Maret 2022 | 08:29 WIB

Youtube Akan Sembunyikan Jumlah Dislike

Kamis, 11 November 2021 | 11:16 WIB
X