• Sabtu, 13 Agustus 2022

Ini Dia Cara Memotret Bulan di Ponsel atau Kamera dengan Pengaturan Terbaik

- Kamis, 29 Juli 2021 | 11:19 WIB
Gerhana Bulan Total dari Abu Dhabi. Foto: moon.nasa.gov
Gerhana Bulan Total dari Abu Dhabi. Foto: moon.nasa.gov

HARIAN MASSA - Saat bulan purnama muncul, banyak orang akan mengeluarkan ponsel mereka untuk mencoba mengabadikan foto. Tentu menginginkan foto yang layak untuk di post Instagram. Tetapi sayangnya sangat tidak mudah untuk mendapatkan foto yang bagus.

Dilansir dari The Guardian pada Kamis (29/7/2021), ada dua alasan tidak bisa mendapat foto yang bagus. Pertama, jaraknya sangat jauh dan kecuali jika kalian memiliki lensa telefoto (yang membuat bulan tampak lebih dekat daripada sebenarnya), bulan akan selalu muncul sebagai titik bercahaya yang sangat kecil dalam bingkai.

Kedua, memotret di malam hari tentu sangat sulit. Kamera profesional memungkinkan untuk mengubah ISO atau peringkat sensitivitas yang berarti dapat memotret dalam situasi cahaya rendah tanpa kehilangan kualitas gambar.

Baca Juga: Kemendikbud Ristek Kembali Lanjutkan Program Bantuan Kuota dan Bantuan UKT

Jadi bisakah menggunakan kamera ponsel cerdas?

Jawaban singkatnya adalah ya, tetapi disarankan mengunduh aplikasi dan memotret bulan melalui aplikasi tersebut daripada menggunakan kamera di iPhone atau Android. Beberapa aplikasi memungkinkan meningkatkan peringkat sensitivitas, memungkinkan juga memotret dalam cahaya redup.

Disarankan juga ketika hendak mengabadikan foto bulan untuk memastikan ada elemen lain pada gambar. Seperti jembatan atau gunung yang indah. Ini memungkinkan untuk mendapatkan perspektif tentang ukuran bulan dan juga menciptakan gambar yang lebih menarik.

Baca Juga: Wabup Pandeglang Pantau Penyaluran Beras Bansos Tanpa Potongan dan Tidak Tumpang Tindih

Tetapi mungkin ada sedikit kekecewaan dengan hasil foto menggunakan aplikasi. Untuk mengambil gambar bulan yang menakjubkan, disarankan menggunakan lensa telefoto atau zoom. Selain kamera profesional dan tripod, gunakan juga pelepas kabel atau penghitung waktu tunda dua detik sebelum mengambil foto.

Hal Ini dibutuhkan untuk mencegah guncangan kamera saat menekan tombol. Ini memungkinkan fotografer tidak hanya meningkatkan ukuran bulan dalam bingkai tetapi juga untuk mendapatkan semua detail di dalamnya. Sambil menjaga gambar setajam mungkin.

Halaman:

Editor: Rabbani

Sumber: The Guardian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Sejarah Kesucian Kain Hitam Penutup Kabah

Jumat, 29 Juli 2022 | 21:06 WIB

Piramida dan Istana Suku Maya Ditemukan di Meksiko

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:48 WIB

Semarak Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:36 WIB

 China Denda Influencer Terkenal di Medsos

Jumat, 17 Juni 2022 | 19:47 WIB

Trik WhatsApp Terlihat Offline Tanpa Mematikan

Minggu, 27 Maret 2022 | 08:29 WIB

Youtube Akan Sembunyikan Jumlah Dislike

Kamis, 11 November 2021 | 11:16 WIB
X