• Kamis, 30 Juni 2022

Metaformosis Bentuk Honda Civic dari Generasi ke Generasi .

- Sabtu, 25 September 2021 | 16:05 WIB
Honda Civic. (Foto: Instagram.)
Honda Civic. (Foto: Instagram.)

HARIAN MASSA - Tren di bidang otomotif mobil kali ini pecinta Motuba (mobil tua Bangka) yang disebut anak – anak pecinta otomotif mobil lawas. Honda Civic lawas masih sangat disukai oleh kalangan muda hingga orang tua. Untuk membeli motuba biasanya beli di tempat orang yang suka kolektif mobil lawas.

Pantauan Harian Massa melalui situs resmi laman hondabogor.info pada Sabtu 25 September 2021, mengenai sejarah Civic Honda dari generasi ke beda generasi lainnya.

Honda Civic merupakan mobil yang di produksi oleh Honda Motor Co. Sejarah Honda Civic diawali dengan diperkenalkannya coupe 2 pintu pada Juli 1972 dan kemudian diikuti dengan versi hatchback 3 pintu pada bulan september 1972.

Mobil Honda Civic merupakan mobil sedan yang menganut sistem gerak roda depan, dimana mesinnya diletakan melintang. Hal ini bertujuan untuk menyamarkan mobil yang terbilang kecil namun menyediakan ruang interior yang cukup luas.

Baca Juga: Wow Squid Game Duduki Peringkat Pertama Di Netflix Amerika Serikat

Penamaan Civic pada mobil honda inipun memiliki cerita sejarah. Menurut kamus Webster, kata Civic berarti “sesuatu yang berhubungan dengan penduduk, kota, dan hubungan antar penduduk”. Dan karena itulah Honda Civic memulai debut pertamanya di dunia pada tahun 1972. Dengan nama civic itu sendiri honda ingin mewujudkan “Mobil untuk semua orang” dan “Mobil untuk Dunia”.

Berikut ini akan kita ceritakan perkembangan Honda Civic dari generasi awal sampai generasi terbaru yang telah di produksi oleh Honda Motor Co.

Baca Juga: Demi Raih Simpati, Seorang Ibu Tega Mengecat Bayinya Jadi Silver Untuk Meminta-minta

Generasi pertama Honda Civic (1973-1979)

Generasi pertama Honda Civic diluncurkan 1972 dan mulai dipasarkan pada tahun 1973, tepatnya,satu tahun setelah diperkenalkan. Mobil ini menggunakan mesin 1.2L dan kemudian pada tahun 1975 mesin ini disempurnakan dengan mesin CVCC (Compound Vortex Controlled Combustion) dengan kapasitas 1.5L 53 hp. Mesin ini mempunyai pembakaran yang lebih efisien tidak memerlukan catalic converter dan bahan bakar bebas timbal untuk memenuhi kebutuhan emisinya.

Baca Juga: 7 Adab Iringi Jenazah menurut Imam al-Ghazali

Lalu generasi berikutnya, Generasi kedua Honda Civic (1984-1987)
Generasi ketigak diluncurkan pada tahun 1984. Dengan mesin yang memiliki 4 silinder seri D 1500cc CVCC untuk wilayah eropa. Namun di Jepang tahun 1984 diluncurkan dengan model mesin yang lebih bertenaga yaitu menggunakan mesin 1.6L DOHC.

Generasi ketiga Honda Civic (1984-1987)
Generasi ketigak diluncurkan pada tahun 1984. Dengan mesin yang memiliki 4 silinder seri D 1500cc CVCC untuk wilayah eropa. Namun di Jepang tahun 1984 diluncurkan dengan model mesin yang lebih bertenaga yaitu menggunakan mesin 1.6L DOHC.

Tahun 1984 merupakan tahun kejayaan bagi Honda Civic, dikarenakan model-modelnya yang sangat bagus dan digemari oleh anak muda. Civic juga memperkenalkan generasi yang sporty yaitu Honda Civic Wonder dengan model 2 pintu. Yang memiliki feature power window sebagai aksesoris standar sedan buatan Honda yang harus ada sampai sekarang.

Baca Juga: Resmi Jadi Tersangka KPK, Segini Harta Kekayaan ‘Sang Maling Uang Rakyat’ Aziz Syamsuddin

Generasi keempat Honda Civic (tahun 1988-1991)
Honda Civic generasi keempat pada tahun 1988 memiliki desain baru dengan peningkatan dimensi dan garis kap mesin yang lebih rendah. Bentuk ini merupakan penyempurnaan dari Generasi ketiga, banyak hal detail yang disempurnakan baik model sedan biasanya maupun model sportnya yaitu Nova.

Untuk urusan mesin, Honda Civic pada generasi ini masih menggunakan mesin berkapasitas 1500 cc. Yang membedakan mobil ini dengan generasi sebelumnya ialah pada penyempurnaan Power Stering.

Di Indonesia model Honda civic ini menyebutnya dengan Honda Civic LX (1988-1989), Grand Civic (1990-1991), dan Grand Nova (1990-1991). Sebutan ini yang kemudian terkenal sampai sekarang.

Baca Juga: Warkopi Akui Bullying Netizen Lebih Parah Saat Indro Warkop DKI Beri Keterangan di Medsos

Generasi kelima Honda Civic (tahun 1992-1995)
Pada tahun 1992, Honda Civic generasi kelima sudah mulai menggunakan teknologi VTEC (Variable Valve Timing and lift Electronic Control) yang merupakan teknologi temuan khusus Honda secara elektrik dalam pengaturan katau atau valve.

Keunggulan teknologi VTEC terletak di kemampuan mesin bersilinder kecil damalm menghasilkan tenaga yang sebanding dengan mesin silinder besar. Selain itu VTEC membuat mobil lebih bertenaga.

Pada generasi ke lima ini, Di Indonesia sendiri lebih dikenal dengan sebutan Genio dan Estilo, tentu mobil ini masih populer hingga sekarang ini. Khususnya para anak muda. Bahkan di Indonesia sendiri, sampai sekarang terdapat berbagai komunitas dan club untuk pecinta mobil ini. Salah satunya Estilo Genio Communty Indonesia.

Editor: Don Oslo

Sumber: hondabogor.info

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Piramida dan Istana Suku Maya Ditemukan di Meksiko

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:48 WIB

Semarak Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:36 WIB

 China Denda Influencer Terkenal di Medsos

Jumat, 17 Juni 2022 | 19:47 WIB

Trik WhatsApp Terlihat Offline Tanpa Mematikan

Minggu, 27 Maret 2022 | 08:29 WIB

Youtube Akan Sembunyikan Jumlah Dislike

Kamis, 11 November 2021 | 11:16 WIB
X