• Selasa, 9 Agustus 2022

Keluar dari Kemiskinan Berkat Tinju, Manny Pacquiao Nyatakan Gantung Sarung Tinju

- Rabu, 29 September 2021 | 21:59 WIB
Juara dunia tinju 12 kali, Manny Pacquiao dikabarkan mulai mengalihkan fokusnya ke pemilihan presiden di Filipina. (Foto: teahub)
Juara dunia tinju 12 kali, Manny Pacquiao dikabarkan mulai mengalihkan fokusnya ke pemilihan presiden di Filipina. (Foto: teahub)

 

HARIAN MASSA - Legenda tinju asal Filipina, Manny Pacquiao akhirnya memutuskan untuk gantung sarung tinju. Juara dunia tinju 12 kali itu dikabarkan mulai mengalihkan fokusnya ke pemilihan presiden di negaranya.

"Untuk penggemar terhebat dan olahraga terhebat di dunia, terima kasih! Terima kasih untuk semua kenangan indah. Ini adalah keputusan tersulit yang pernah saya buat, tapi saya merasa damai dengan itu. Kejar impian Anda, bekerja keras, dan lihat apa yang terjadi. Selamat tinggal tinju," tulis petinju 42 tahun itu dalam akun media sosialnya.

Kembali lagi ke awal-awal kariernya. Petinju berjuluk PacMan itu memenangkan gelar dunia pertamanya ketika berusia 19 tahun. Kala itu, dia berhasil merebut sabuk juara dunia kelas terbang versi WBC.

Menjalani debut profesionalnya di usia 16 tahun, Pacquiao berhasil menjadi petinju pertama yang menasbihkan diri sebagai juara dunia di delapan divisi berbeda.

Baca juga: Kembali Hunuskan Pedang, Barzah Muntahkan Video Musik Siksa Kubur

Selama 26 tahun perjalanan kariernya, Pacquiao tercatat membukukan rekor 62-8-2 (39KO). Sayangnya, pada laga pamungkasnya, Pacquiao menderita kekalahan angka dari petinju Kuba, Yordenis Ugas pada Agustus lalu.

Dalam dunia politik, Pacquiao pernah berjuang untuk menjadi wakil rakyat pada 2007. Sayangnya, kala itu dia mengalami kekalahan. Kendati demikian, dia akhirnya bisa meraup kemenangan pada 2010.

Pacquiao menjadi senator pada 2015 dan mengumumkan tawaran untuk menjadi presiden awal bulan ini.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X