• Kamis, 18 Agustus 2022

3.157 Ibu Hamil di Kota Tangerang akan Disuntik Vaksin Covid-19

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 18:31 WIB
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Pixabay
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Pixabay

HARIAN MASSA - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menargetkan sebanyak 3.157 ibu hamil disuntik vaksin Covid-19. Vaksinasi untuk ibu hamil ini, bisa dilakukan di Puskesmas dan RSUD Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pelaksanaan vaksinasi pada tahap pertama ini akan dilakukan di tiga puskesmas dan RSUD Kota Tangerang. Dia berharap, kedepan bisa dilakukan diseluruh puskesmas.

"Kedepan, secara bertahap vaksinasi bagi ibu hamil akan dilakukan di 38 puskesmas dan 32 rumah sakit yang ada di Kota Tangerang," kata Arief, di Puskesmas Karawaci Tangerang, Kamis (19/8/2021).

Baca juga: Pungli Bansos Covid-19 di Kota Tangerang, Arief: Masih Ditelusuri Kejaksaan dan Kepolisian

Dilanjutkan dia, dengan vaksinasi maka akan mengurangi potensi ibu hamil masuk ruang perawatan akibat Covid-19. Apalagi, ibu hamil termasuk yang masuk kategori rawan terpapar Covid-19.

"Kalau berdasarkan angka kelahiran tahunan di Kota Tangerang, ada sekira 38 ribu. Nah, itu merupakan target total dalam satu tahun, untuk saat ini kita mengejar target sasaran 3.157 ibu hamil," sambung Arief.

Baca juga: Keluarga Pasien RSU Tangsel Protes, Form Data Covid-19 Diduga Rekayasa Nakes

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni menambahkan, jenis vaksin yang digunakan dalam vaksinasi ibu hamil ini, yakni Sinovac. Sejumlah dokter spesialis pun dilibatkan untuk mengantisipasi KIPI.

"Misalnya ada KIPI paska vaksin, maka akan ditangani lebih dulu di faskes yang melakukan vaksinasi, namun apabila tidak bisa putus, maka bisa naik ke Pokja Kota. Makanya ketat melakukan skrining ketat," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X