• Senin, 8 Agustus 2022

Kartu Nikah Digital Bukan Hanya untuk Pengantin Baru, Pengantin Lama Juga Wajib Punya

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 05:15 WIB
Kartu nikah digital. Foto: Kemenag
Kartu nikah digital. Foto: Kemenag

HARIAN MASSA - Kartu nikah digital bukan hanya untuk pasangan pengantin baru menikah. Tetapi juga untuk pasangan pengantin lama. Mereka harus mengalihkan kartu nikah fisiknya ke format digital.

Kepala Subdit Mutu, Sarana Prasarana, dan Sistem Informasi KUA Ditjen Bimas Islam, Jajang Ridwan mengatakan, Kemenag memutuskan menghentikan penerbitan kartu nikah fisik ini per Agustus 2021. 

"Sebagai gantinya, Kemenag meluncurkan kartu nikah digital," kata Jajang, dilansir Harian Massa dari laman Kemenag, Senin (9/8/2021).

Baca juga: JJ Rizal Sebut Gerakan Potong Gaji PKS Bukan Pengorbanan, Tapi Cari Aman

Menurut Jajang, penggantian kartu nikah fisik menjadi digital sesuai dengan Surat Ditjen Bimas Islam B-2361/Dt.III.II/PW.01/07/2021 terkait Penggunaan Kartu Nikah Digital.

"Dalam Surat Edaran tersebut dijelaskan bahwa mulai Agustus 2021 Kemenag tidak lagi menerbitkan kartu nikah secara fisik. Sementara kartu nikah fisik yang tersisa akan dihabiskan," sambungnya.

Jajang menjelaskan, layanan kartu nikah digital bisa diakses di semua Kantor Urusan Agama (KUA) yang telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah Web).

Baca juga: Blok Migas Rokan Diambil Alih Indonesia, PLN Jaga Pasokan dan Keandalan Listrik Demi Ketahanan Energi

Menurutnya, saat ini hampir 100 persen KUA sudah bisa mengakses Simkah Web. Cara mendapatkannya, pasangan calon pengantin harus mengisi formulir pendaftaran nikah di www.simkah.kemenag.go.id.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X