• Rabu, 7 Desember 2022

Viral, Video Polisi Memaki Suporter Aremania saat Tragedi Kanjuruhan: Mati Koe!

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 09:25 WIB
Viral video polisi saat tragedi Kanjuruhan. Foto: Istimewa
Viral video polisi saat tragedi Kanjuruhan. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Video diduga sejumlah anggota polisi memaki suporter Aremania saat tragedi Kanjuruhan, viral di media sosial. 

Dalam video itu, anggota polisi mengumpat dengan kata-kata yang tidak pantas. Tidak hanya itu, anggota polisi itu juga berkata rasis. 

Dikutip dari Twitter Menteri Koordinator PCR@ RevolusiAkhlaq2, kata-kata makian itu membuktikan niat aparat terhadap suporter.  

Baca juga: Viral, Aksi Suporter Hentikan Polisi Agar Tidak Tembak Gas Air Mata ke Tribun Malah Dipentung

"Terdengar kata2 'Mati kowe', melukiskan niat mereka bukan untuk membubarkan massa," cuitnya, dikutip Kamis (6/10/2022). 

Dilanjutkan, makian itu sudah bisa masuk dalam ranah pidana

"Seolah-olah membunuh rakyat adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi mereka. Seharusnya pasal yg dikenakan adalah pasal 340 KUHP (pembunuhan disertai niat/rencana), bukan pasal 359 KUHP," sambungnya. 

Baca juga: Kronologis Kerusuhan Suporter Arema di Stadion Kanjuruhan, Diawali Serang Pemain hingga Ditembaki Gas Air Mata

Menurutnya, suatu pembunuhan bisa dikategorikan terencana jika disertai niat ingin menghabisi nyawa korban, meskipun niat atau rencana itu muncul 1 menit sebelum perkara terjadi.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X