• Rabu, 7 Desember 2022

Total Anggaran Polri untuk Membeli Gas Air Mata Mencapai Rp1 Triliun

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 22:37 WIB
Total anggaran Polri untuk membeli gas air mata. Foto: Istimewa
Total anggaran Polri untuk membeli gas air mata. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Ratusan suporter Aremania tewas diduga terkena tembakan gas air mata polisi dan terinjak-injak saat kerusuhan usai pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya. 

Pemakaian gas air mata untuk membubarkan massa suporter yang mengamuk diduga menjadi penyebab banyaknya jatuh korban jiwa. 

Dilansir dari Twitter Andri Prasetiyo @andripst, ternyata anggaran pengadaan gas air mata polisi mengalami kenaikan tajam. 

Baca juga: Kronologis Kerusuhan Suporter Arema di Stadion Kanjuruhan, Diawali Serang Pemain hingga Ditembaki Gas Air Mata

Gas air mata kerap digunakan polisi untuk membubarkan massa demonstran dan kerusuhan. 

"Saya melakukan identifikasi atas total anggaran dari Polri yang digunakan untuk membeli peralatan dan kebutuhan gas air mata," katanya, seperti dikutip Harian Massa, Minggu (2/10/2022).

Sejak 2014-2022, Polri telah melakukan pengadaan gas air mata yang bersumber dari dana APBN dengan nominal begitu besar, mencapai 1,03 triliun rupiah. 

Baca juga: Sandiaga Uno Update Korban Jiwa Aremania 174 Orang, Netizen: Sudah Tembus 205 Orang Pak!

"Polri melakukan pengadaan masif atas kebutuhan dan peralatan gas air mata dalam beberapa tahun terakhir. Paling tinggi terjadi pada tahun 2017," sambungnya. 

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X