• Senin, 15 Agustus 2022

TPU Jombang Tidak Gratiskan Pemakaman Jenazah Covid-19, Segini Besaran Biayanya

- Rabu, 28 Juli 2021 | 16:39 WIB
Proses Pemakaman pasien Covid-19 di TPU Jombang.  Foto: Don Oslo/Harian Massa
Proses Pemakaman pasien Covid-19 di TPU Jombang. Foto: Don Oslo/Harian Massa

HARIAN MASSA - Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus Covid-19 di TPU Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), tidak gratiskan jenazah yang dimakamkan di lokasi setempat.

Biaya yang dibebankan kepada keluarga jenazah Covid sempat dikeluhkan warga. Salah satunya keluhan itu datang dari salah satu anggota keluarga jenazah covid berinisial RAM (41).

Saat berbincang dengan wartawan, RAM mengaku dimintai biaya pemakaman untuk saudaranya sebesar Rp1.000.000. Menurutnya, biaya itu untuk proses pemakaman.

“Saya bingung pak, saudara saya meninggal diklaim terkena covid tapi dimintai biaya Rp 1.000.000. Sebenarnya, apakah jenazah covid itu gratis atau tidak. Biaya dibebankan kepada keluarga lewat RW,”terang RAM ketika berbincang dengan wartawan.

Sementara saat dikonfirmasi terpisah terkait hal itu, Kasi Pemakaman Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Tangsel, Nazmudin menjelaskan adanya biaya di TPU.

Biaya tersebut, menurut Nazmudin, untuk retribusi sewa lahan dengan besaran biaya Rp250.000 dan Rp1.000.000 per tiga tahun. Retribusi tersebut berdasarkan Perda No.9 tahun 2014.

“Perda No. 9/2014 tentang Retribusi, KTP Tangsel Rp250 ribu dan KTP luar Tangsel dikenakan retribusi Rp1 juta, empat kali lipat. Retribusi untuk semua TPU di Tangsel,” jelas Nazmudin kepada Harian Massa, Rabu (28/7/2021).

“Untuk angkutan, peti mati sama gali kuburnya oleh kita gratiskan kepada keluarga. Kalau di TPU insya allah, saya selalu wanti-wanti ke anak-anak jangan sampai ada pungutan selain retribusi,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Tangsel, Wahyunoto Lukman kepada wartawan menyampaikan, adanya santunan kematian dari Pemkot Tangsel.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Terkini

X