• Jumat, 7 Oktober 2022

Niat Selamatkan APBN Gerakan Elemen Ramai-ramai Dukung Bubarkan KPK

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:48 WIB
Gedung KPK. Foto: Istimewa
Gedung KPK. Foto: Istimewa

HARIANMASSA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menjadi sorotan beberapa gerakan elemen. Pasalnya, KPK dinilai tidak pernah menjalankan agenda reformasi, Rabu 17 Agustus 2022.

Terdapat beberapa pergerakan elemen seperti Gerakan Bersama Rakyat Bubarkan KPK (GEBRAK) dan Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (JARI) 98 menilai lembaga anti rasuah itu diamanatkan untuk menjalankan Undang-Undang pemberantasan korupsi. Hal itu dikarenakan rezim orde baru yang berkuasa selama 32 tahun sangat koruptif.

Bahkan dalam bergulirnya waktu sampai saat ini lembaga KPK dinilai sudah tidak diperlukan lagi. Pasalnya, sebagai lembaga adhoc, KPK sewaktu-waktu bisa dibubarkan dan keberadaan lembaga anti rasuah ini tidak diatur dalam UUD 45.

Baca Juga: Petani Suku Baduy dari Negeri Jahe Merah Pasok Bahan Baku Farmasi Dunia

Koordinator GEBRAK, Adi Sopiandi dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, bahwa negara harus memberdayakan institusi Polri yang saat ini sudah bekerja dengan baik dalam hal mengusut kasus-kasus kejahatan extra ordinary crime yaitu korupsi.

Di sisi lain, lanjut Adi, terdapat lembaga lain seperti Kejaksaan Agung dinilai juga sudah mumpuni dalam menangani perkara-perkara korupsi.

Baca Juga: Pemkot Tangsel Gelar Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Wali Kota Benyamin Pesan Begini

“Lembaga KPK saat ini mulai menjelma sebagai lembaga yang transaksional, tebang pilih. Karena itu, sebaiknya KPK dibubarkan saja. Anggaran KPK dialihkan ke yang tepat sasaran, seperti untuk memperkuat pendidikan, kesehatan dan lembaga lembaga lainnya,” terang Adi Sopiandi.

“Semoga ini menjadi jawaban atas kemandulan lembaga ini untuk memberantas korupsi,” jelas alumni UBK Jakarta ini.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X