• Jumat, 7 Oktober 2022

Ada Beking Orang Kuat dan Nol Anggaran, Satpol PP Tangsel Tak Berkutik Eksekusi Reklame Ilegal

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:18 WIB
Salah satu keberadaan reklame tak berizin di Tangerang Selatan. (Foto: Harianmassa.)
Salah satu keberadaan reklame tak berizin di Tangerang Selatan. (Foto: Harianmassa.)

HARIANMASSA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tangerang Selatan (Tangsel), tak berkutik untuk menertibkan reklame-reklame yang tidak memiliki izin alias ilegal. Pasalnya, tak adanya anggaran pembongkaran alias nol anggaran dan ada beking orang kuat membuat Satpol PP seperti macan ompong, Selasa 9 Agustus 2022.

Reklame Ilegal menjadi salah satu problem berkurangnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Hal itu lantaran tak sedikit pemain reklame ilegal main kucing-kucingan dengan petugas penegakan Perda.

Informasi yang berhasil dihimpun Harianmassa, sekitar ratusan titik reklame di Tangsel tak mengantongi izin resmi penempatan alias ilegal. Lantaran itu, pendapatan asli daerah melalui pajak reklame tak bisa maksimal.

Baca Juga: Wawancara Ekslusif: Jacob Cass, Habiskan Ratusan Juta Koleksi Foto dan Dokumen Penting Indonesia

Kepala Bidang Penegakan Hukum dan Perundang-undangan (Gakumda) Satpol PP Tangerang Selatan, Taufik Wahidin ketika berbincang dengan wartawan mengaku akan melakukan penegakan Perda hingga tuntas.

Namun hal itu terbentur dengan anggaran yang tak didukung untuk operasional. Bahkan, beking orang kuat yang membuat eksekusi pembongkaran reklame ilegal tak pernah terjadi dalam sejarah berdirinya Tangsel.

Baca Juga: Friedrich Silaban Arsitek Beragama Kristen Protestan yang Mendesain Masjid Istiqlal

"Ini memang terkendala dengan anggaran, kita ga ada anggaran untuk melakukan eksekusi pembongkaran reklame. Padahal, kalau bongkar reklame besar dibutuhkan biaya sekitar Rp 30 juta per titik," terang Taufik Wahidin.

"Kita juga terkendala dengan adanya beking orang kuat, ada ormas juga. Dengan adanya kendala seperti ini para pemain reklame kucing-kucingan dengan petugas,"ujarnya.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X