• Jumat, 12 Agustus 2022

Disaster Management Center Dompet Dhuafa Siap Bangun Kawasan Tanggap Bencana

- Senin, 18 Juli 2022 | 19:51 WIB
Disaster Management Center Dompet Dhuafa Siap Bangun Kawasan Tanggap Bencana
Disaster Management Center Dompet Dhuafa Siap Bangun Kawasan Tanggap Bencana

HARIAN MASSA - Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa tengah mempersiapkan program Kawasan Tanggap Bencana (KTB) di Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang.

Pada Senin lalu (11/07) hingga Minggu (17/07) tim DMC Dompet Dhuafa telah melakukan asesmen langsung di Desa Kaliurang.

Mulai dari pendataan, pemetaan transek wilayah ( metode pembelajaran masyarakat, yang dapat diterapkan dalam upaya penggalian potensi dan permasalahan yang ada di lingkungan) dan penilaian ketangguhan masyarakat dalam adaptasi dan mitigasi bencana alam.

Baca Juga: 11 Orang Tewas Ditabrak Truk Pertamina di Cibubur, Diduga Akibat Kebocoran Tangki dan Rem Blong

Baca Juga: Innalilahi.. Korban Tewas Kecelakaan Maut Truk Tangki Pertamina di Cibubur Bertambah Jadi 11 Orang

“Penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama elemen baik Pemerintah, Masyarakat Sipil, dan Lembaga Usaha (Donor). Oleh Karena itu diperlukan koordinasi yang baik serta berkesinambungan agar mencapai target yang diharapkan. DMC Dompet Dhuafa berharap banyak pihak mendukung Program Kawasan Tangguh Bencana yang akan diselenggarakan,” ”ujar Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa.

Desa Kaliurang merupakan salah satu desa di Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang yang memiliki kondisi daerah strategis dengan topografi dataran rendah sampai dataran tinggi, dari pusat pemerintahan kecamatan berjarak 6 km dan dari ibu kota Kabupaten/Kota Desa Kaliurang berjarak 30 km.

“Juli ini kita melakukan asesmen, Agustus mendatang kita mengadakan capacity building warga Desa Kaliurang. Kemudian lanjut sampai November mendatang kita akan melakukan penguatan sarana dan prasarana dalam menghadapi bencana alam,”jelas Adi “Mallo” Sumarna selaku tim Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa seusai melakukan pemetaan wilayah di Desa Kaliurang.

 Baca Juga: Ngeri! Korban Tewas Kecelakaan Maut Truk Tangki Pertamina di Cibubur 8 Orang

Halaman:

Editor: Ilham Restu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X