• Jumat, 12 Agustus 2022

Dua Gempa Bumi Berkekuatan M5,3 Guncang Gunungkidul-Pacitan dan Gorontalo, Tidak Berpotensi Tsunami

- Minggu, 17 Juli 2022 | 22:14 WIB
Peta gempa Gorontalo. Foto: Istimewa
Peta gempa Gorontalo. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Dua gempa bumi besar dengan kekuatan M5,3 mengguncang wilayah Gunungkidul-Pacitan dan Gorontalo hari ini.

Sejumlah wilayah pun dilaporkan terdampak guncangan gempa ini. Meski demikian, gempa tidak berpotensi tsunami

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, kekuatan gempa sanggup menggoyangkan benda-benda yang digantung.  

Baca juga: Kisah Pak Tino, Pemancing Ikan Gabus dari Pekalongan yang Suka Membantu Orang Sakit Usai Operasi

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa Mag. 5,3 di Samudra Hindia selatan Gunungkidul-Pacitan ini tidak berpotensi tsunami," katanya, dikutip dari Twitter @DaryonoBMKG, Minggu (17/7/2022). 

Dilanjutkan dia, gempa di Gunungkidul-Pacitan ini dirasakan warga di Nganjuk, Karangkates, Bantul, Wonogiri, Trenggalek, Pacitan, Sleman, dan Jember dengan skala intensitas II MMI. 

Baca juga: Konflik Bersenjata di Papua Harus Diakhiri, Kasihan Rakyat yang Menjadi Korban

Sama dengan di Gunungkidul-Pacitan, gempa bumi mengguncang wilayah Gorontalo dengan kekuatan M5,3. Gempa juga dirasakan dengan skala intensitas II MMI yang dapat mengoyang benda-benda.

"Gempa Gorontalo Mag:5.3, 17-Jul-22 19:58:37 WIB, Lok:0.10 LS,123.12 BT, Kedlmn:104 Km, dirasakan di Gorontalo III - IV MMI, Bone Bolango, Gorontalo Utara, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Boalemo III MMI, Luwuk II - III MMI, Taliabu, Morowali II MMI ::BMKG," pungkasnya. 

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X