• Senin, 8 Agustus 2022

14000 Hewan Kurban Masuk Tangsel: Pemkot Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku, Ada 79 Ekor Sapi Terjangkit PMK

- Minggu, 26 Juni 2022 | 10:15 WIB
Hewan ternak. (Foto: Harianmassa.)
Hewan ternak. (Foto: Harianmassa.)

HARIAN MASSA - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) terus melakukan pengetatan untuk hewan kurban yang masuk di wilayah Tangsel. Hal itu dilakukan untuk antisipasi menyebarnya Foot and Mouth Disease (FMD) atau Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang terjadi pada hewan ternak.

Informasi yang berhasil dihimpun Harianmassa, jenis penyakit mulut dan kuku yang sering terjadi pada hewan jenis sapi disebabkan dari virus tipe A dari keluarga Picornaviridae, genus Apthovirus yakni Aphtaee epizootecae.

Meski demikian, dengan adanya merebaknya PMK di seluruh Indonesia, Pemkot Tangerang Selatan melakukan antisipasi dengan melakukan pengecekan seluruh hewan kurban yang masuk di Tangsel.

Baca Juga: Liburan ke Bali 5 Hari Pulang Pergi Naik Pesawat dan Tidur di Hotel Mewah Cuma Rp13.800

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3)Tangerang Selatan, Yepi Suherman kepada Harianmassa menjelaskan, pihaknya selalu melakukan pengecekan rutin hewan kurban di setiap lapak pedagang.

Menurut Yepi, sekitar 14000 hewan kurban di Tangsel akan dilakukan pengecekan secara berkala. Pasalnya, hal itu dilakukan untuk mewujudkan kesehatan hewan kurban.

Baca Juga: Gandeng B16, Bamsoet Akan Gelar Lomba Burung Berkicau Piala Ketua MPR RI

"Kita sudah merambah ke PMK, kita sudah koordinasi dengan Dinas Peternakan Provinsi Banten bahwa paling akhir kita tanggal 27 Juni 2022. Untuk mencegah PMK menyebar di Tangsel, kita harus meminta Survei Harga Konsumen (SHK) dari para penjual ternak di Tangsel, habis itu kita baru keluarkan rekomendasi persetujuan dari Provinsi Banten," terang Yepi Suherman kepada Harianmassa, Minggu 26 Juni 2022.

"Nanti kalau sudah dapat persetujuan dari provinsi, kita juga nanti cek lagi ternak yang masuk di Tangsel. Kita datangi setiap lapak penjual ternak di Tangsel, kalau nanti yang sudah kita cek dan dinyatakan sehat kita langsung beri stiker untuk bukti bahwa hewan ternak sehat," tuturnya.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X