• Senin, 8 Agustus 2022

Guru Bisa Jadi Kepala Sekolah: Wajib Tahu Ini Aturan Permendikbud Nomor 40 Tahun 2021

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 10:49 WIB
Guru-guru dalam PGRI. Foto: Istimewa/PGRI Kota Semarang
Guru-guru dalam PGRI. Foto: Istimewa/PGRI Kota Semarang

 

HARIANMASSA – Pemerintah memberikan kesempatan bagi guru untuk menjadi Kepala Sekolah (KS). Tentunya dalam kesempatan itu ada aturan dan persyaratan yang wajib dilakukan oleh guru yang ingin menjadi Kepala Sekolah.

Informasi yang berhasil didapat Harianmassa, terdapat aturan yang memuat persyaratan mengenai penugasan guru sebagai Kepala Sekolah. Aturan itu terdapat ada di dalam Permendikbud Nomor 40 Tahun 2021, Sabtu25 Juni 2022.

Dalam hal ini perlu diketahui, penugasan guru sebagai Kepala Sekolah dilakukan sebagai pertimbangan peningkatan mutu pendidikan yang sesuai dengan transformasi pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik.

Baca Juga: Babak Baru Sidang Praperadilan Kasus Jimmy Lie soal NIK: Saksi Ahli Ungkap Penyidik Sesuai Prosedur

Seperti diketahui, sebelum Kemdikbud menerbitkan Permendikbud Nomor 40 Tahun 2021, regulasi yang mengatur penugasan guru sebagai Kepala Sekolah diatur dalam Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018.

Disisi lain, Kemdikbud menjelaskan, bahwa aturan tersebut sudah tidak sesuai dengan dinamika perkembangan pengelolaan pendidikan nasional. Sehingga aturan dalam Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 diganti dengan Permendikbud Nomor 40 Tahun 2021.

Terdapat poin yang diperbaharui, salah satunya adalah persyaratan bagi guru yang ingin menjabat sebagai kepala sekolah. Rincian persyaratan tersebut diatur dalam Pasal 2 Permendikbud Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Baca Juga: Draconian Siapkan Rekaman Live Konser Hellfest Open Air Festival

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X