• Sabtu, 25 Juni 2022

Memiliki Daya Tahan hingga Ribuan Tahun, Ternyata Ini Rahasia Bangunan Candi

- Minggu, 12 Juni 2022 | 21:39 WIB
Ilustrasi candi. Foto: Istimewa
Ilustrasi candi. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Bangunan candi merupakan salah satu bukti teknologi nenek moyang yang memiliki daya tahan hingga ribuan tahun.

Ternyata, kunci bangunan itu terletak pada pengunci batuan atau interlock candi. Sehingga, saat menghadapi gempa bumi, bangunan candi akan tetap saling mengunci dan bertahan. 

Dilansir dari Twitter INFOMITIGASI™ @infomitigasi, bangunan candi merupakan salah satu mahakarya peninggalan nenek moyang.  

Baca juga: Tragedi Awal Kemerdekaan, Pembunuhan 653 Warga Cina Benteng di Tangerang

"Struktur pengunci bantuan candi atau interlock candi membuktikan bahwa nenek moyang bangsa ini memahami betul, bahwa candi yang mereka bangun harus kokoh dan tahan gempa," katanya, seperti dikutip Minggu (12/6/2022).  

Bukan tanpa alasan, bangunan candi ini menggunakan pengunci batuan. Salah satunya, karena adanya kesadaran lokasi yang dibangun rentan terjadi gempa bumi yang memiliki daya sangat merusak. 

Baca juga: Filosofi Hidup Eril hingga Berjuta Doa Dipanjatkan, Netizen: Bikin Iri Penduduk Bumi dan Langit

"Batu-batu candi dibuat dan disusun saling mengunci bagaikan sebuah puzzle besar. Dengan adanya struktur saling mengunci dan saling menopang tersebut, menyebabkan candi bisa bertahan ratusan hingga ribuan tahun, meskipun sering terjadi gempa," sambungnya.

Tidak hanya itu, pembangunan candi juga harus memerhatikan lokasi yang cocok. Sehingga, diperlukan pengetahuan kondisi alam. 

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X