• Rabu, 29 Juni 2022

Tiket Masuk Candi Borobudur Dipatok Rp750 untuk Turis Lokal, Piknik Keluarga yang Tidak Terjangkau

- Minggu, 5 Juni 2022 | 13:45 WIB
Candi Borobudur. Foto: Istimewa
Candi Borobudur. Foto: Istimewa
 
HARIAN MASSA - Keputusan pemerintah mematok harga tiket masuk ke Candi Borobudur Rp750 ribu untuk turis lokal menuai polemik.
 
Keputusan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Hal ini juga dimaksudkan untuk membatasi turis yang naik ke Candi Borobudur 1.200 orang perhari.
 
"Dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja," katanya, dikutip dari Instagram @luhut.pandjaitan, Minggu (5/6/2022). 
 
 
Penetapan harga tiket naik ke Candi Borobudur itu sudah diberlakukan. Sedang untuk masuk kawasan candi, mengikuti harga yang berlaku. 
 
"Langkah ini kami lakukan semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya Nusantara. Semua turis juga nantinya harus menggunakan tour guide dari warga lokal," sambungnya. 
 
Sementara itu, keputusan mematok harga naik ke Candi Borobudur Rp750 ribu untuk turis lokal menuai polemik dari netizen. 
 
 
Di antaranya datang dari Alvin Lie, dikutip dari Twitter @alvinlie21. Menurutnya, penetapan harga tiket masuk ke Candi Borobudur terlalu mahal untuk turis lokal, bahkan tidak terjangkau. 
 
"Apakah keputusan tentang harga tiket Borobudur ini didukung kajian yang akuntabel? Rp750 ribu jelas di luar jangkauan turis lokal," katanya.
 
Netizen lainnya CatatanAli7™️ @Catatan_ali7, bahkan mengatakan harga tiket naik ke Candi Borobudur itu melebihi UMR Magelang yang hanya sekitar Rp1,9 juta. Alhasil, banyak turis yang tidak akan mampu. 
 
 
"750 ribu? Bayangkan yang piknik 1 keluarga? Jika 1 keluarga 4 orang untuk tiket masuk Borobudur dia habiskan uang dalam waktu 1 hari melebihi gajinya. UMR Magelang Rp1.935.913," pungkasnya. 

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X