• Rabu, 29 Juni 2022

Tito dan Agus Ditetapkan Tersangka Kasus Kredit Fiktif Bank Jogja

- Kamis, 2 Juni 2022 | 22:17 WIB
Tersangka TS dan AK saat digelandang ke Rutan Cebongan Sleman
Tersangka TS dan AK saat digelandang ke Rutan Cebongan Sleman

YOGYAKARTA - Kasus korupsi kredit karyawan fiktif Bank Jogja terus berkembang. Kali ini, Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY menetapkan dua tersangka baru. Dua tersangka tersebut adalah Tito Sudarmanto (TS) dan Agus Kurniawan (AK), keduanya bekerja di bagian pemasaran pada perusahhaan swasta yang mengajukan kredit fiktif.

Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati DIY Sri Kuncoro menyebutkan, besaran dana korupsi masing-masing tersangka, masih dilacak lagi. Namun, dipastikan Tito sebagai penerima aliran dana terbanyak. 

"Karena posisinya yang bersangkutan sebagai Sales Manager, sedangkan Agus sebagai stafnya. Keduanya kami tetapkan sebagai tersangka setelah melakukan pengembangan kasus," jelasnya, Kamis (2/6/2022). 

Selain Bank Jogja, Kuncoro menduga komplotan pembobol bank tersebut juga melakukan tindak pidana yang sama terhadap empat bank lain di Yogyakarta dan satu bank di Magelang, Jawa Tengah dengan modus serupa.

"Ada semacam jaringan. Kalau kita ngomong mafia pembobol. Pembobol bank karena ahli betul. Enam bank yang dibobol. Modusnya sama, kredit fiktif juga. Hanya nominal yang paling besar yang di Bank Jogja," kata Kuncoro.

Sebelumnya, dua tersangka bersatus sebagai saksi pada kasus yang sama. Penyelidikan yang sudah dilakukan Kejati DIY sebelum menetapkan keduanya sebagai tersangka sebanyak empat kali. 

"Tiga kali ketika mereka sebagai saksi dan sekali yaitu hari ini setelah ditetapkan sebagai tersangka," jelas Kuncoro.

Sebelumnya Pengadilan Tipikor DIY sudah memvonis Klau Victor Apriyanto atau KVA (36) direktur perusahaan swasta tersebut dengan hukuman 10 tahun penjara. Sedangkan Farrel Everald Fernanda atau FEF (26) sebagai bendahara perusahaan swasta yang mengajukan kredit, dijatuhi vonis 16 tahun penjara dan denda Rp1 miliar oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri (Tipikor PN) Jogja.

Sementara tiga tersangka lain masih menjalani persidangan, yaitu AW selaku Kepala Cabang Bank Jogja Gedongkuning, EK sebagai Kasi Kredit dan LP bagian marketing.

Halaman:

Editor: Giri Prakosa

Tags

Terkini

X