• Sabtu, 25 Juni 2022

Tak Ingin PPDB 2022 Diciderai, Ombudsman Banten Minta Pemda Lakukan Pemerataan Kualitas Pendidikan

- Jumat, 27 Mei 2022 | 13:32 WIB
Ilustrasi PPDB  (Foto: Harian Massa.)
Ilustrasi PPDB (Foto: Harian Massa.)

HARIAN MASSA - Ombudsman Propinsi Banten meminta seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) yang ada di Banten untuk melalukan upaya lebih serius memastikan pemerataan kualitas pendidikan.

Selain itu, Ombudsman juga meminta program dan layanan pendidikan lainnya agar kepentingan pendidikan untuk masyarakat Banten terpenuhi serta berkeadilan bagi semua, Jum'at 27 Mei 2022.

Kepala Ombudsman Banten, Dedy Irsan kepada Harian Massa menjelaskan, pihaknya tak ingin jika pemerataan kualitas tidak berjalan dengan baik. Pasalnya, jika hal itu terjadi yang akan paling dirugikan dari rusaknya integritas PPDB adalah siswa.

Baca Juga: Jaga Integritas PPDB 2022, Ini Pesan Ombudsman Banten

Akibat dari banyaknya upaya yang pada akhirnya mencederai proses PPDB, kata Dedy, siswa tidak dapat memperoleh layanan Pendidikan yang optimal karena sekolah gagal memenuhi SPM Pendidikan.

"Demikian pula dari aspek moral, baik moral pembuat kebijakan, pelaksana, kepala sekolah, guru, serta unsur-unsur lainnya di satuan lendidikan atau sekolah, tidak terkecuali dan terutama siswa," jelas Dedy Irsan melalui keterangan tertulis yang diterima wartawan.

Baca Juga: Ahmad Syafii Maarif Tutup Usia di RS PKU Muhammadiyah Gamping

Kendati demikian, Ombudsman Banten pernah menerima keluhan dari sekolah-sekolah swasta terkait proses PPDB di sekolah negeri. Dedy memandang, dinas Pendidikan setempat juga perlu mengajak diskusi dan berkolaborasi dengan sekolah-sekolah swasta yang ada.

"Persoalan PPDB akan terus menjadi ancaman laten bagi kualitas Pendidikan di Banten. Sementara, masih banyak permasalahan pendidikan lainnya di Banten yang masih perlu diatasi bersama," jelasnya.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X