• Sabtu, 25 Juni 2022

Pantau Realisasi Anggaran Program Prioritas Nasional, BKN Luncurkan SPEKTRA

- Minggu, 22 Mei 2022 | 12:58 WIB
Karo Keuangan BKN, Wahyu, saat peluncuran SPEKTRA. Foto: Istimewa
Karo Keuangan BKN, Wahyu, saat peluncuran SPEKTRA. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Sejumlah terobosan terus dilakukan dalam tata kelola keuangan negara. Salah satunya dengan transformasi digital.

Melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) diluncurkan inovasi Sistem Perencanaan Anggaran dan Keuangan Terintegrasi (SPEKTRA) untuk memudahkan pengawasan.

Karo Keuangan BKN, Wahyu mengatakan, melalui SPEKTRA pihaknya dapat melakukan pemantauan/monitoring dan pengendalian terhadap program prioritas nasional (PN) BKN terkait realisasi anggaran dan kegiatan.

Baca juga: Gerakan Samin Menolak Membayar Pajak Pemerintah Kolonial Belanda (2)

"Monitoring dan pengendalian ini bertujuan agar target yang telah ditetapkan dapat direalisasikan sesuai rencana dengan output dan outcome yang maksimal," katanya, dalam pesan elektronik, Minggu (22/5/2022).

Dijelaskan dia, melalui SPEKTRA juga unit kerja BKN dapat dipantau realisasi anggarannya secara realtime di manapun dan kapanpun.

Baca juga: Ngeri! Begini Kronologis Kecelakaan Bus Pariwisata di Ciamis, Tabrak 3 Rumah, Mobil dan Motor

"Lahirnya SPEKTRA merupakan tindak lanjut Nota Kesepahaman antara Direktorat Sistem Informasi Teknologi Perbendaharaan Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan dan Sekretaris Utama BKN tentang Interkoneksi Data SAKTI dari Monitoring Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (MONSAKTI) ke SPEKTRA-BKN," paparnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama, Satya Pratama menyatakan, SPEKTRA mengintegrasikan data dan sistem internal BKN dengan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) milik Kementerian Keuangan.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X