• Sabtu, 28 Mei 2022

Membangun Kompetensi ASN, LAN Berikan Pelatihan Digital

- Kamis, 12 Mei 2022 | 13:00 WIB
Membangun Kompetensi ASN, LAN berikan pelatihan digital pada Rabu (11/5) di Jakarta
Membangun Kompetensi ASN, LAN berikan pelatihan digital pada Rabu (11/5) di Jakarta


HARIAN MASSA- Pandemi Covid-19 telah mempercepat transformasi digital birokrasi yang semula bersifat konvensional dan manual berubah menjadi organisasi yang berbasis digital. Tak terkecuali dalam konsep pelatihan dasar dan pelatihan kepemimpinan Aparatur sipil Negara (ASN) dimana optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi menjadi sebuah solusi dalam upaya pengembangan kompetensi ASN yang berbasis digital.

Hal ini diungkapkan Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Muhammad Taufiq, DEA, saat memberikan sambutan dalam acara Sosialisasi Kebijakan Peraturan LAN Nomor 5 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pelatihan Struktural Kepemimpinan yang diselenggarakan di West Ballroom, Hotel Westin Jakarta, Rabu (11/5).

Muhammad Taufiq menyampaikan, digitalisasi dalam proses bisnis pengembangan kompetensi ASN telah diterapkan LAN sebagai instansi Pembina diklat dalam pelaksanaan Pelatihan Struktural Kepemimpinan dan pelatihan dasar yang pesertanya didominasi oleh kalangan milenial yang telah mahir dalam penggunaan teknologi informasi.

Baca Juga: Lokasi Kebakaran Pasar Ciputat Bukan Aset Pemkot, Wali Kota Tangsel Utus Asda Gelar Rapat

Baca Juga: Pedagang Korban Kebakaran Pasar Ciputat Belum Tentu Dapat Tempat Baru: Ini Alasannya!

“Pola penyelenggaraan blended learning merupakan salah satu cara efektif dalam pengembangan kompetensi saat ini dengan mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh yang berbasis pada teknologi informas dengan mengintegrasikan pembelajaran dalam Learning Management system (LMS) dan penerbitan sertifikat pelatihan secara elektronik” tambahnya.

Dalam Peraturan LAN Nomor 5 Tahun 2022 dijelaskan bahwa Penyelenggaraan Pelatihan Struktural bertujuan untuk mengembangkan Kompetensi Peserta dalam rangka memenuhi standar Kompetensi manajerial Jabatan Struktural.

Standar kompetensi jabatan yang dibutuhkan berdasarkan undang-undang terdiri atas : Kompetensi yang dikembangkan dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I merupakan Kompetensi kepemimpinan kolaboratif, Kompetensi yang dikembangkan dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II merupakan Kompetensi kepemimpinan strategis, Kompetensi yang dikembangkan dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator merupakan Kompetensi kepemimpinan kinerja dan Kompetensi yang dikembangkan dalam Pelatihan Kepemimpinan Pengawas merupakan Kompetensi kepemimpinan pelayanan.
Lebih jauh Taufiq menjelaskan. 

Baca Juga: Tinggal Puing: Berikut Deretan Foto Pasca Kebakaran Pasar Ciputat

Halaman:

Editor: Ilham Restu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hore! Masyarakat Tangsel Boleh Lepas Masker

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:01 WIB

Cabuli 2 Kakek, Pria di Garut Ditangkap Polisi

Minggu, 22 Mei 2022 | 12:05 WIB
X