• Sabtu, 21 Mei 2022

Tegas! Gubernur Bali Deportasi Turis Rusia Usai Foto Telanjang di Pohon Sakral Viral

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 15:53 WIB
Dua turis mancanegara asal Rusia, Alina Fazleeva dan Amdrei Fazleev saat saat proses upacara pembersihan. (Foto: Istimewa.)
Dua turis mancanegara asal Rusia, Alina Fazleeva dan Amdrei Fazleev saat saat proses upacara pembersihan. (Foto: Istimewa.)

HARIAN MASSA - Turis asal Rusia, Alina Fazleeva dan suaminya Amdrei Fazleev dideportasi ke negara asalnya. Dua turis mancanegara itu dideportasi lantaran Gubernur Bali Wayan Koster bersikap sing main-main alias tegas atas kesalahan Alina Fazleeva dan Amdrei Fazleev.

Seperti diketahui sebelumnya, Amdrei Fazleev melakukan foto berpose telanjang di pohon sakral di Objek Wisata Kayu Putih, Desa Tua, Kabupaten Tabanan. Akibat aksinya itu, suami-istri asal Rusia dideportasi Gubernur Bali Wayan Koster melalui Kanwil Kemenkumham Bali.

Permintaan deportasi dua turis asal Rusia itu menyusul adanya permintaan maaf dan melakukan upacara atau ritual guru piduka yang disebut sebagai pembersihan kepada suami istri asal Rusia pasca foto telanjang.

Baca Juga: Ambulans Pengangkut Wisatawan Liburan ke Puncak Ditilang Polisi Terobosan One Way

"Kita jauh lebih penting menjaga budaya dan menghormati martabat Bali, daripada kita menoleransi tindakan-tindakan yang membuat budaya Bali ini tidak terjaga dan merusak citra pariwisata," terang Wayan Koster dalam keterangan tertulisnya yang diterima wartawan.

Baca Juga: Foto Lebaran Airin Rachmi Diany Dikomentari Netizen Jadi Sorotan, Ada Rico Ceper!

Meski begitu, Wayan Koster menegaskan, pihaknya akan terus melakukan tindakan tegas menyusul adanya kasus foto bugil di pohon sakral yang dilakukan turis mancanegara asal Rusia.

Menurut Wayan Koster, halnitu sudah ditetapkan dalam aturan yang tertuang di Perda No. 5 Tahun 2020 tentang Standar Penyelenggaraan Kepariwisataan Bali dan Peraturan Gubernur No. 28 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Kepariwisataan Bali.

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semangka, Buah Ajaib yang Bisa Bikin Awet Muda

Selasa, 17 Mei 2022 | 07:20 WIB
X