• Kamis, 18 Agustus 2022

Tahun Ini, 2 Paus Sperma Ditemukan Mati Terdampar di Sabu Raijua NTT

- Jumat, 15 April 2022 | 19:11 WIB
Paus Sperma mati terdampar di NTT. Foto: Istimewa
Paus Sperma mati terdampar di NTT. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Paus Sperma yang mati karena terdampar di Desa Wadu Maddi, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), dikuburkan dengan upacara adat.   

Kepala BKKPN Kupang, Imam Fauzi mengatakan, mamalia laut itu ditemukan terdampar, pada 8 April 2022 lalu.

"Paus ini merupakan jenis Paus Sperma (Physetermacrocephalus). Dari hasil identifikasi dan pengukuran morfometrik menunjukkan Paus Sperma tersebut berjenis kelamin betina," katanya, Jumat (15/4/2022).

Baca juga: Mudik Gratis Kemenhub Tujuan Jawa Tengah dan DIY Dibuka, Ini Persyaratannya

Paus tersebut memiliki panjang tubuh sekitar 12,65 meter dan lingkar dada 8,30 meter. Saat ditemukan, paus itu sudah mati. 

“Paus Sperma pertama kali ditemukan oleh nelayan setempat, lalu dilaporkan kepada Kepala Desa Wadu Maddi. Informasi itu kemudian diteruskan ke Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sabu Raijua dan selanjutnya diterima oleh Tim BKKPN Kupang Wilayah Kerja (Wilker) Taman Nasional Perairan (TNP) Laut Sawu," bebernya. 

Lebih lanjut, Imam menjelaskan proses penguburan bangkai paus diawali dengan ritual adat penghormatan oleh salah satu tokoh adat di pesisir pantai Desa Wadu Maddi.

Baca juga: Legenda Sakerah, Musuh Nomor 1 Belanda yang Tewas Dihukum Gantung

"Sebelum kejadian ini, dalam kurun waktu tahun 2022 saja, sudah ada 2 kejadian Paus Sperma terdampar yaitu di Kabupaten Kupang di Januari dan di Kabupaten Sumba Barat Daya pada bulan Maret," jelasnya.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X