• Kamis, 30 Juni 2022

Julukan 6 Presiden Republik Indonesia Versi Meseum Kepresidenan Balai Kirti

- Jumat, 15 April 2022 | 14:30 WIB
Enam Presiden Republik Indonesia dan julukannya. (Foto: kemensetneg.ri)
Enam Presiden Republik Indonesia dan julukannya. (Foto: kemensetneg.ri)

HARIAN MASSA - Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti menyimpan sejarah bangsa. Dalam museum tersebut pun menyimpan sejarah 6 Presiden dan berikut julukannya, Jum'at 15 April 2022.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Harian Massa melalui akun Instagram kemensetneg.ri disebutkan terdapat julukan 6 Presiden Republik Indonesia yang pernah memimpin bangsa.

Keenam nama Presiden tersebut adalah Soekarno, Soeharto, B.J. Habibie, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarno Putri, dan Susilo Bambang Yudhoyono. Mantan Presiden Republik Indonesia tersebut memiliki julukan masing-masing.

Baca Juga: Mudik Gratis Kemenhub Tujuan Jawa Tengah dan DIY Dibuka, Ini Persyaratannya

Pertama, Presiden RI Soekarno. Dalam versi Museum Balai Kirti, Presiden Republik Indonesia ke I tersebut memiliki julukan sebagai Bapak Proklamator.

Soekarno atau lebih dikenal dengan sebutan Bung Karno adalah Presiden pertama Republik Indonesia. Beliau lahir di Blitar, Jawa Timur, pada tanggal 6 Juni 1901.

Bung Karno memiliki peranan penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda. Bahkan sosok Soekarno disebut sebagai orang pertama yang membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Baca Juga: Longsor di Jaletreng 2, Ini Tanggapan DSDABMBK Tangsel

Kedua, Presiden Soeharto. Dalam versi Museum Balai Kirti, Presiden Republik Indonesia ke II tersebut memiliki julukan sebagai Bapak Pembangunan. Soeharto adalah Presiden ke II Republik Indonesia.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Sumber: kemensetneg.ri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X