• Sabtu, 25 Juni 2022

Kisah Teladan Asmaul Husna Al Mutakabbir, Keajaiban Cicak

- Jumat, 8 April 2022 | 07:15 WIB
Ilustrasi cicak. Foto: Istimewa
Ilustrasi cicak. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Kisah teladan Asmaul Husna kali ini tentang sifat Al Mutakabbir yang berarti Memiliki Kebesaran. Dari total 99 nama Allah dalam Asmaul Husna, Al Mutakabbir berada dalam urutan yang ke-10.

Al Mutakabbir dapat berarti juga Yang Maha Besar dan Memiliki Kebesaran. Sikap teladan Al Mutakabbir berarti tidak boleh sombong, karena hanya Allah yang memiliki segalanya dan yang berkehendak atas diri manusia.

Kisah teladan Al Mutakabbir bercerita tentang cicak. Melalui hewan kecil ini, Allah menunjukkan kebesaran-Nya.

Baca juga: Kisah Teladan Asmaul Husna Al Jabbar, 7 Pemuda yang Tertidur 309 Tahun

Seperti diketahui, cicak bisa menempel pada tembok dan atap rumah. Hal ini terjadi karena ada bulu halus pada telapak kakinya. Bulu-bulu itu yang bertindak menopang tubuh cicak agar tidak jatuh dari dinding.

Tidak hanya itu, cicak juga memiliki pertahanan diri yang baik. Saat merasa terancam, cicak akan melepaskan bagian tubuhnya. Lepas bagian buntut cicak sebenarnya dimaksudkan untuk mengecoh lawan-lawannya.

Apalagi, saat buntut cicak terlepas dia akan tetap bergerak-gerak. Sehingga, lawan-lawannya menganggap buntut cicak itu sebagai dirinya sendiri. Sementara dirinya yang lain telah kabur dan terbebas dari bahaya.

Baca juga: Ternyata Istilah Tarawih Tidak Dikenal Nabi Muhammad SAW

Cicak juga memiliki sistem pemulihan tubuh yang sangat unik. Setelah melepas buntutnya, maka buntu cicak akan tumbuh kembali seperti sedia kala. Sistem pertahanan ini masih belum terpecahkan oleh teknologi manusia.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X