• Sabtu, 2 Juli 2022

Dorong Kelestarian Sungai, DMC Dompet Dhuafa Resmikan Pangkalan Sungai Ciliwung

- Jumat, 1 April 2022 | 06:05 WIB
Dorong Kelestarian Sungai, DMC Dompet Dhuafa Resmikan Pangkalan Sungai Ciliwung
Dorong Kelestarian Sungai, DMC Dompet Dhuafa Resmikan Pangkalan Sungai Ciliwung

Jakarta—Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa meresmikan lima pangkalan Ciliwung">Sungai Ciliwung dan mengadakan Tarhib Ramadhan di lima pangakalan Ciliwung">Sungai Ciliwung (31/03).

Acara yang diisi dengan pengarungan Ciliwung">Sungai Ciliwung, dan peresmian perpustakaan ini sebagai komitmen DMC Dompet Dhuafa dalam meningkatkan literasi tentang peduli lingkungan dan upaya pengurangan risiko bencana.

"Kita perlu mencetak generasi-generasi baru untuk menjaga alam. Kita bisa belajar seperti air yakni hidup dengan memberi manfaat," ujar Ust. Ahmad Shonhaji selaku Direktur Dakwah, Budaya, dan Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa. 

Baca Juga: Cafe di Ciputat Timur Distaroni Maling Bersenjata Golok, Sejumlah Barang Berharga Raib

Baca Juga: Nah Loh! Baru Seumur Jagung Proyek Jaletreng 2 Longsor

Adapun program intervensi yang dilakukan DMC Dompet Dhuafa yakni turut membantu pembangunan Trab Terasering, Dermaga Pangkalan serta sarana sanitasi MCK di di Saung Bambon Riverside (Srengseng Sawah), KPC Kedung Sahong (Lenteng Agung), Ciwilung Muara Bersama - CMB (Tanjung Barat), Padepokan Ciliwung Condet - PCC (Balekambang), dan Kometa (Balekambang).

"Kata sungai dalam Al-Qur'an ada tiga klaster terbesar penggunaan. Pertama terkait dengan surga. Ada ayat yang menjelaskan surga dengan kalimat sungai yang mengalir di bawahnya. Kedua tentang keagungan ciptaan Allah bagaimana sungai itu tercipta. Ketiga tentang bahaya air hujan yang berlimpah dalam sungai, "terang Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa.

"
Program ini adalah sebuah kegiatan yang menyatukan unsur pelestarian lingkungan lewat aksi langsung perbaikan lingkungan.

Selain itu juga DMC Dompet Dhuafa melakukan program edukasi dalam menjaga kelestarian lingkungan, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat agar mampu beraktivitas atau bahkan memanfaatkan lingkungan di sekitarnya untuk menambah penghasilan tanpa merusak fungsi dari DAS.

Halaman:

Editor: Ilham Restu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X