• Sabtu, 2 Juli 2022

Jejak Kekerasan Toni Tabuni di Papua, Tembak Mati Jenderal hingga Warga Sipil

- Rabu, 30 Maret 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi pasukan TNI di Papua. Foto: Istimewa
Ilustrasi pasukan TNI di Papua. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Gembong KKB Ndeotadi Toni Tabuni (24) tewas diserap polisi. Kendati usianya masih muda, ternyata dia memiliki riwayat panjang serangan bersenjata yang meresahkan masyarakat. 

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2022 Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, Toni merupakan pimpinan KKB Ndeotadi.

Berdasarkan catatan pihaknya, sedikitnya ada sembilan aksi bersenjata yang telah dilakukan Toni bersama rekan-rekannya di KKB. Tidak hanya pembunuhan, gerombolan Toni juga kerap melakukan perampokan.

Baca juga: Gembong KKB Toni Tabuni Ditembak Mati, Polisi Sita 20 Butir Amunisi Calibre 5.56

"Tabuni terlibat dalam 9 aksi kekerasan, di antaranya pencurian dengan kekerasan terhadap personel Pospol 99 Ndeotadi pada 15 Mei 2020," katanya, dalam pesan tertulis, Rabu (30/3/2022). 

Dalam peristiwa itu, seorang anggota bernama Briptu Cristian Palling mengalami luka bacok di kepala dan tubuh, hingga mengalami kritis.

Tidak hanya itu, Toni juga berhasil merampas senjata organik Pospol sebanyak 3 pucuk, terdiri dari SS1 2 pucuk dan AK 47 sebanyak 1 pucuk.

Baca juga: Polisi Ditembak Buronan Pecah Kaca, Kapolres: Korban Gugur Jalankan Tugas

"Dia juga terlibat aksi penembakan terhadap Kabinda Papua pada 25 April 2021, yang mengakibatkan Kabinda Papua Alm Letjend (P) TNI I Gusti Putu Dani Nugraha meninggal, di Distrik Beoga," bebernya. 

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X