• Selasa, 9 Agustus 2022

Latihan Gabungan Senasional: Dorong Kemahiran Relawan dalam Respons Bencana

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 11:00 WIB
Latihan Gabungan Senasional: Dorong Kemahiran Relawan dalam Respons Bencana
Latihan Gabungan Senasional: Dorong Kemahiran Relawan dalam Respons Bencana

 

Bogor--Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menghadirkan pelatihan gabungan secara nasional di Hopeland Camp, Cijeruk, Kabupaten Bogor(25/03). Latihan gabungan yang bertajuk "Kolaboraksi Relawan Nasional 2022: Ketangguhan Relawan Membangun Negeri" diikuti oleh 170 peserta dari berbagai komunitas.

Ada tujuh cabang latihan gabungan yang dilakukan, yakni Manajemen Kebencanaan, Water Rescue, Vertical Rescue, Navigasi, Kendaraan Offroad Menembus Daerah Terisolasi, Ketangkasan Mengemudi Ambulans, dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Pelajar.

Baca Juga: Heboh Pemecatan Dokter Terawan dari IDI, Mulai Terapi Cuci Otak hingga Vaksin Nusantara

Baca Juga: Polisi Ditembak Buronan Pecah Kaca, Kapolres: Korban Gugur Jalankan Tugas

Pelatihan dilakukan dimulai dari 25 sampai 27 Maret 2022. Dengan konsep kemah relawan, para peserta merupakan relawan kemanusiaan yang tertarik dalam mengembangkan diri dan bertekad memberi kontribusi bagi masyarakat.

"Tujuan kegiatan ini ialah untuk membangun sinergi dengan komunitas-komunitas respons bencana. Sehingga menjadi jaringan yang kuat, suatu paguyuban yang tetap terjaga dalam memberikan pertolongan di medan aksi bencana," jelas Ahmad Shonhaji selaku Direktur Dakwah, Budaya dan Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa dalam sambutannya.

"(Melalui tajuk) Kolaboraksi tidak ada yang paling (atau tidak kompetitif), melainkan terlihat perbedaan itu (sehingga) mereka itu saling melengkapi," lanjut Shonhaji.

Peserta masing-masing mendirikan kemah tenda. Mereka saling bahu-membahu ketika salah seorang sedang kesulitan. Melalui kegiatan ini para peserta diharapkan menguatkan solidaritas antar jejaring relawan lintas komunitas.

Halaman:

Editor: Ilham Restu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X