• Selasa, 9 Agustus 2022

Heboh Pemecatan Dokter Terawan dari IDI, Mulai Terapi Cuci Otak hingga Vaksin Nusantara

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 09:27 WIB
Dokter Terawan. Foto: Istimewa
Dokter Terawan. Foto: Istimewa

HARIAN MASSA - Pemecatan mantan Menteri Kesehatan dokter Terawan Agus Putranto, dari anggota IDI mengejutkan banyak pihak.

Keputusan itu dibacakan oleh Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI) dalam Muktamar ke-31 IDI, di Banda Aceh, pada Jumat 25 Maret 2022.

Hal ini diungkapkan Ketua Panitia Muktamar ke-31 IDI dr Nasrul Musadir Alsa. Dikatakan, Terawan diberhentikan secara permanen.

Baca juga: Tangkap Buronan Pecah Kaca, Bripda M Syahril Maulana Harahap Tewas Ditembak

Dalam putusan tersebut, IDI menilai terapi cuci otak yang dilakukan dr Terawan dengan menggunakan alat Digital Substraction Angiography (DSA) belum teruji secara ilmiah. Sehingga, sangat berbahaya.

Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) kemudian memutuskan Terawan melakukan pelanggaran kode etik dengan sanksi pemecatan.

Dugaan alasan pemecatan dr Terawan lainnya adalah vaksin Nusantara yang penelitiannya belum selesai, namun sudah disosialisasikan secara luas kepada masyarakat. Hal ini dinilai melanggar kode etik.

Baca juga: Bocah Pemakan Kertas dan Sandal di Bekasi Alami Gangguan Pencernaan

Setelah dipecat sebagai anggota IDI, maka dr Tarawan tidak bisa lagi mendapatkan rekomendasi IDI untuk mengurus Surat Ijin Praktek.

Halaman:

Editor: Ibrahim H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ambyar! Roy Suryo Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:01 WIB
X