• Selasa, 28 Juni 2022

Tangsel Dilanda Hujan Es dan Angin Kencang, Begini Kata BMKG

- Senin, 14 Maret 2022 | 16:58 WIB
Fenomena hujan es di Tangerang Selatan. (Foto: Harian Massa)
Fenomena hujan es di Tangerang Selatan. (Foto: Harian Massa)

HARIAN MASSA – Masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dibuat heboh dengan adanya fenomena hujan es yang terjadi di wilayah Kecamatan Pamulang dan sekitarnya. Selain hujan es, angin kencang pun merobohkan beberapa pohon dan lainnya.

Irwan (43) warga Pamulang kepada Harian Massa mengatakan, dirinya mengaku kaget saat angin kencang datang merobohkan beberapa pohon di halaman rumahnya. Tak hanya itu bapak dua anak tersebut pun mengaku ada butiran es.

“Saya kaget ada angin kencang dan merobohkan pohon, tadi juga ada hujan es. Butiran es tadi sebesar buah cerry, tidak ada yang pecah atap rumah saya,” terang Irwan saat berbincang dengan wartawan, Senin 14 Maret 2022.

Baca Juga: Hujan Es Disertai Angin Kencang Terjang Wilayah Tangsel dan Depok

Pantauan wartawan, tampak terdapat beberapa pohon dan atap rumah warga mulai berterbangan usai dilanda angin kencang. Fenomena hujan es itu pun juga membuat warga heboh.

Sementara, Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Ciputat, Hilma Nurul membenarkan adanya fenomena hujan es yang terjadi di Tangerang Selatan.

Baca Juga: Pengguna Jasa Parkir di Tip Top Ciputat Kehilangan Helm, Netizen: Secure Parking Tidak Canggih

Menurut Nurul, hujan es tersebut terjadi salah satu dari proses pembentukan melalui kondensasi uap es lewat pendinginan di atmosfer pada lapisan di atas level beku.

“Benar, tadi kita juga mendapatkan laporan warga adanya hujan es di Pamulang. Hal itu juga dikuatkan dengan radar yang menunjukkan proses hujan es yang terjadi di Tangerang Selatan, Banten,”jelas Hilma Nurul.

“Proses lain yang dapat menyebabkan hujan es adalah pembekuan, di mana uap air lewat dingin tertarik ke permukaan benih-benih es. Karena terjadi pengembunan yang tiba-tiba sehingga akhirnya terbentuklah es dengan berbagai ukuran,” pungkasnya.

Halaman:

Editor: Don Oslo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X